INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA

Main Article Content

Ni Ketut Sari Adnyani
Ni Nyoman Mandriani
Ni Kadek Putus Asrini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pentingnya Pendidikan Karakter diberikan kepada peserta didik; (2) untuk mengetahui relevansi Pendidikan Karakter dalam mengembangakan sikap tanggung jawab sosial bagi peserta didik; dan (3) untuk mengetahui internalisasi Pendidikan Karakter dalam memperkaya khasanah pengetahuan peserta didik dalam rangka menumbuhkan sikap positif mengisi kemerdekaan. Metode penelitian, Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Proses pengembangan dan validasi produk pendidikan dalam penelitian ini adalah berupa pengembangan model pembelajaran nasionalisme berbasi local genius.Penelitian pada tahap Define dan design ini dilakukan pada setting penelitian: pendidik, sekolah, siswa dan perpustakaan. Tahapdevelopment, yaitu uji coba terbatas sesuai dengan desainnya akan dilakukan di SD Negeri 2 Datah dan SD Negeri 6 Tianyar dengan menggunakan setting kelas-kelas dalam pembelajaran PKn. Kelas-kelas mata pelajaran PKn yang dilibatkan pada tahap develompment dipilih secara purpossive (bertujuan) sesuai fokus penelitian. Penentuan sampel penelitian pada uji coba dilakukan secara random sampling. Hasil: Pendidikan Karakter diberikan kepada peserta didik, relevansinya berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab sosial siswa.

Article Details

How to Cite
Adnyani, N. K. S., Mandriani, N. N., & Putus Asrini, N. K. (2019). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.18
Section
Articles
Author Biographies

Ni Nyoman Mandriani, SD Negeri 2 Datah, Amlapura

Ni Nyoman Mandriani

 

Ni Kadek Putus Asrini, SD Negeri 6 Tianyar, Amlapura