PENGUATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA JENJANG SEKOLAH DASAR MELALUI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL MANDIRI BERBASIS WEB APLIKASI
Abstrak
Kemampuan literasi dan numerasi yang baik merupakan kunci keberhasilan siswa di sekolah dan masa depan mereka. Namun, perpustakaan tradisional di sekolah sering kali memiliki keterbatasan, seperti jumlah koleksi buku yang minim dan jam operasional yang terbatas. Untuk mengatasi kelemahan ini, pelatihan pengembangan perpustakaan digital berbasis web dengan platform Google Sites menjadi solusi efektif. Platform ini memudahkan pengguna dalam prose pembuatan halaman web tanpa memerlukan keahlian IT yang tinggi. Program pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode kombinasi demonstrasi dan Research and Development (R&D), dengan luaran berupa produk digital berbasis website. Dalam pelatihan ini tim pengabdi berperan sebagai fasilitator dan tutor bagi guru serta pustakawan sekolah. Perpustakaan digital berbasis web aplikasi ini ternyata mampu mendukung peningkatan literasi digital guru serta literasi dan numerasi siswa. Pengembangan perpustakaan digital ini diharapkan menjadi model bagi sekolah lain untuk dapat memperkuat kemampuan literasi dan numerasi siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar.
Referensi
Dwi Damayanti, A., Aditya Ardhana, L., Kurnia Sindi, F., Aidila, V., & Isfina Putri Maharani, N. (2022). Layanan Referensi Berbasis Digital Di Perpustakaan Nasional. JIPKA, 2(1).
Fahkiroh, A., Fatmawati, D. P., & Amalia, S. R. (2022). Studi Literatur: Literasi Digital Sebagai Dasar Dari Kompetensi Pedagogik Pada Calon Guru Matematika Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1).
Fajri, F., & Irwan Padli Nasution, M. (2023). Literasi Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Digital Literacy: Opportunities And Challenges In Building Student Character. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–13.
Habibillah, A., Terttiaavini, T., & Heryati, A. (2022). Pengembangan Perpustakaan Digital Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa SD Negeri 8 Rantau Bayur Palembang. Jurnal Ilmu Komputer, 3(1).
Hartono. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi. Jurnal Perpustakaan, 8(1).
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2021). Pelaksanaan Literasi Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Jurnal Literasi, 6(1).
Soedarto Harjono, H. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–7.