PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Harinaliza

Abstract

Dari permasalahan yang ditemui, banyak siswa yang belum memahami cara menulis terutama menulis puisi rakyat. Masalah  menulis puisi rakyat tersebut dikarenakan; (1) Nilai rata-rata siswa belum mencapai nilai minimun atau KKM yaitu 75 ; (2) Belum maksimalnya siswa dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru. Dengan demikikian perlu diadakan suatu penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 31 orang siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 2 Pasaman yang memiliki  empat tahapan , yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kontekstual dengan langkah, 1) tahap invitasi 2) tahap eksplorasi 3) tahap penjelasan dan solusi 4) Tahap pengambilan tindakan . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada siklus pertama, siswa  kelas VII semester 2  SMP Negeri 2 Pasaman pada keterampilan menulis puisi rakyat nilai rata-rata 62,58. Hasil tersebut terdiri atas keterampilan siswa pada skala nilai sangat baik yang   dicapai  1 siswa , nilai  baik  dicapai  10  siswa,  nilai  cukup dicapai  13  siswa, lebih lanjut   nilai  kurang dicapai  6 siswa  dan  nilai  sangat kurang dicapai 1 siswa. Pada siklus ke II didapatkan  4 siswa  dengan kategori nilai sangat baik, 17 siswa dengan  kategori nilai baik , kemudian 10 siswa dengan kategori nilai cukup dan untuk kategori kurang dan sangat kurang tidak dicapai oleh siswa atau 0%.  Artinya terjadi peningkatan dari ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata kemampuan siswa pada keterampilan menulis puisi rakyat sudah pada kategori cukup yaitu 76,13. Pada siklus kedua, sudah diperoleh 100% ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis Puisi Rakyat siswa  kelas VII semester 2  SMP Negeri  2 Pasaman.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, H. (2016). Desain Pembelajaran matematika yang Memanfaatkan Model Kooperatoif dengan Pendekatan Kontekstual pasa Kelas Xa SMK Bina Generasi Polewali. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Masyarakat, 7(1), 39–55. https://www.researchgate.net/journal/Pepatudzu-Media-Pendidikan-dan-Sosial-Kemasyarakatan-2087-3476

Auliah, S. H., Punaji, S., & Sumarmi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131

Chaniago, S. M., Badusah, J., & Embi, M. A. (2011). Masalah Pengajaran Kemahiran Berbahasa di Sekolah di Indonesia (Teaching Problem In Language Skills At Indonesian School). In Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu 109 Malay Language Education Journal (MyLEJ), 1(1), 109-122 https://spaj.ukm.my/jpbm/index.php/jpbm/article/view/267/0

Chotibuddin, Z. A. dan M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Sleman: deepublish.
Fitriani, P. (2017). Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Rakyat dengan model Quantum Teaching. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 286–293. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia

Herawati, S., Husnul, C., & Yuyun, D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098

Kemendikbud. (2016). Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/Mts. Jakarta: Kemendikbud.

MS, Z., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 112–123. https://www.neliti.com/journals/jurnal-pendidikan-dasar-unj/catalogue

Sabarti, A., Arsjad, M. G., & Sakura, H. R. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Salamah. (2021). Penggunaan Metode Discovery Learning pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Materi Teks Puisi Rakyat. Batu: Literasi Nusantara.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Sucipta, M. D. (2018). Pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual berinspirasi alam pedesaan pada siswa kelas V SD mahardika Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 12-21. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2981%0Ahttps://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/2981/1605

Winarto. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Kompetensi Pedagogik. Jakarta: Kemendikbud.

Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 67. https://doi.org/10.33087/aksara.v2i2.74

Yuhan, F. B., Aulia, F. R., & Nurul, A. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.1-9

Yuliawati, L., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis Penelaahan Puisi Rakyat Dengan Strategi PQ4R. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 21–27. https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.260