KISAH TELADAN NABI DALAM KAJIAN SASTRA ANAK
Main Article Content
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami” ditinjau dari struktur sastra anak, 2) nilai-nilai Islam dihadirkan pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami”, 3) fungsi sastra anak pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami”. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu kumpulan kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami”. Objek yang digunakan berupa kajian sastra anak sesuai dengan rumusan masalah yang digunakan yaitu terkait dengan struktur kisah teladan nabi ditinjau dari struktur sastra anak, nilai-nilai Islam dihadirkan pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami”, serta fungsi sastra anak pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami”. Sumber data yang digunakan yaitu channel youtube “Kisah Islami” sebanyak empat belas kisah nabi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi dengan teknik menyimak, menonton dan mencatat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Kegiatan analisis deskriptif kualitatif meliputi: reduksi data, deskripsi data, identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami” ditinjau dari struktur sastra anak meliputi variasi tema, bahasa, penuturan, tokoh dan penokohan, latar dan plot. (2) nilai-nilai Islam dihadirkan pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami” meliputi nilai iman, nilai akhlak, nilai takwa, nilai pengetahuan 3) fungsi sastra anak pada kisah teladan nabi dalam channel youtube “Kisah Islami” meliputi membantu anak terhadap pengembangan emosi, membantu anak untuk belajar tentang dunia, membantu anak belajar tentang orang lain.
Article Details
References
Ariffiando, N. F. (2021). Analisis Nilai dan Keterbacaan Kisah Rasulullah sebagai Sumber Bacaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 80–89. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.1.80-89
Chamalah, E., Arsanti, M., & Setiana, L. N. (2021). Dongeng Islami Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Sastra Anak Bagi Sisiwa Tpq Az-Zuhri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 512–519. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i1.1310
Fitri, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran IPA Untuk MeningkatkanHasilBelajarDiSDNTelukjambeII. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 78–84. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v3i1.412
Haeruddin, H. (2018). Teori Kenabian Al-Farabi. Nady Al-Adab, 15(2), 27-34. https://doi.org/10.20956/jna.v15i2.10615
Hidayat, E. (2018). Pendidikan Agama Islam Integrasi Nilai-Nilai Aqidah, Syari’ah dan Akhlak (Cetakan 1). PT Remaja Rosdakarya.
Krissandi, apri, Febriyanto, B., Agung, K., & Radityo, D. (2018). S a s t r a A n a k. 1–145.
Lutfi, K. M. (2015). Cerita Nabi Muhammad Berhempas dengan Abu Jahil Karya Buya Abdus Salam : Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Manuskripta, 5(2), 237–272. https://doi.org/10.33656/manuskripta.v5i2.43
Neina, Q. A. (2019). Dongeng Abad 21: Modernisasi Sastra Anak Berbasis Psikologi Perkembangan. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 202–211. https://doi.org/10.15294/jsi.v7i3.29846
Safitri, N., Kuswanto, C.W., Alamsyah, Y.A. (2019). Metode Penelitian Nilai Moral Anak Usia Dini. 1(2), 29–44. http://dx.doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Rahmawati, A., & As’ad, A. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Qashash Al-Qur’an. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 29-46. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.722
Ratnasari, D. (2016). Sejarah Nabi-Nabi Dalam Al-Qurâ€TMan. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 93–106. https://doi.org/10.24090/komunika.v5i1.773
Zuriyati, Z. (2014). Sastra Islami Kontemporer Najîb al-Kilânî dalam Memahami Manusia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 326-338. https://doi.org/10.15642/islamica.2011.5.2.326-338