KAJIAN FEMINISME TERHADAP NOVEL TIGA VENUS KARYA CLARA NG DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA/SMK

Main Article Content

N.P.P. Tresnayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur struktural dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng, (2) perjuangan perempuan dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng, dan (3) relevansi perjuangan perempuan dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA/SMK. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Unsur-unsur struktural yang dianalisis dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng yaitu tema, penokohan atau perwatakan, latar, alur, dan amanat. Tema yang diangkat dalam Tiga Venus adalah kehidupan perempuan yang berjuang untuk menjalani hidup orang lain serta perbedaan hak antara laki-laki dengan perempuan. Tokoh yang digambarkan dalam Tiga Venus terdiri atas empat puluh empat tokoh dengan latar belakang yang hampir sama. Latar yang terdapat dalam novel yaitu rumah, kantor, dapur, sekolah, dan sebagainya. Alur yang digunakan dalam Tiga Venus yaitu alur maju atau progresif. Amanat yang ingin disampaikan pengarang melalui novel Tiga Venus supaya tidak ada diskriminasi terhadap perempuan, (2) Perjuangan perempuan dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng dilakukan dalam empat bidang, yaitu bidang pendidikan ditandai dengan kegigihan seorang perempuan yang mengabdikan dirinya untuk mengajar siswa di sekolah. Bidang ekonomi ditandai dengan usaha keras perempuan merintis usaha dari kegemarannya, keluarga ditandai dengan kesabaran seorang istri menyikapi sikap suami yang kurang bertanggung jawab dan sang mertua yang bawel, dan sosial ditandai dengan usaha seorang perempuan membuktikan bahwa perempuan mampu melahirkan ide-ide mutakhir dan kreatif, (3) perjuangan perempuan dalam novel Tiga Venus karya Clara Ng memiliki relevansi sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA/SMK karena novel ini memiliki keunggulan dari segi amanat dan isi bacaan yang sesuai dengan bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya siswa sehingga mampu memberikan bimbingan dan ajaran moral yang baik bagi pembaca. Oleh karena itu, Novel Tiga Venus dapat dijadikan bahan ajar di tingkat SMA/SMK.

Article Details

Section
Articles

References

Adji, Peni. 2013. Karya Religius Danarto:Kajian Kritik Sastra Feminis. Jurnal Humaniora, 15 (1): 23-38. DOI: https://doi.org/10.22146/jh.771
Agustyaningrum. Hana., Purwadi., & Edy Suryanto. 2016. Analisis Struktural Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Pukat Karya Tere Liye Serta Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Basastra: Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4 (1): 102-119. https://media.neliti.com
Aliyah, Ida Hidayatul., & Chotim, Endah Ratnawaty. 2018. Feminisme Indonesia Dalam Lintasan Sejarah. Jurnal Temali: Jurnal Pembangunan Sosial, 1 (2): 140-153. https://journal.uinsgd.ac.id
Amalia, Arifka Rizki., Sukirno., & Setyorini, Nurul. 2017. Analisis Kepribadian Tokoh Utama Novel Ayah Karya Andrea Hirata Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, 5 (47): 446-453. https://ejournal.umpwr.ac.id
Aslamiyah, Suaibatul Aslamiyah., Aryandini. S.N., & Pratami., C.A.2020. Analisis Kritik Sastra Feminis dalam Cerpen Catatan Hati Yang Cemburu Karya Asma Nadia. Jurnal Nusa, 15 (4): 5-35-545.https://ejournal.undip.ac.id
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Clara Ng. 2020. Tiga Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, .N.P.Y., Ekasriadi., & Sujaya, I.M. 2018. Fokalisasi Novel Tempurung Karya Oka Rusmini Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA/SMK. Jurnal Stilistika, 7 (1) :92-109. Doi: 10.5281/zenodo.3895336
Djajanegara, Soenarjati. 2000. Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Huda, Alamul. 2013. Peran Perempuan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Syariah. Jurnal Syariah dan Hukum, 5 (1): 42-51. https://media.neliti.com
Hermawan, Asep. 2015. Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Membaca Di SMP. Jurnal Riksa Bahasa,1 (2): 146-152. https://ejournal.upi.edu
Juwariyah, dan Sumartini.2019. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Ada Surga di Rumahku Karya Oka Aurora Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Sastra Indonesia, 8 (2): 111-118. https://journal.unnes.ac.id
Kosasih, E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, Puji. 2011. Peranan Dan Status Perempuan Dalam Sistem Sosial. Jurnal Dimensia, 5 (1): 45-60. http://staffnew.uny.ac.id
Mesterianti Hartati. 2017. Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 5 (1): 116-127. https://journal.ikippgriptk.ac.id
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian
Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Permana, Adi., Juwita.L.,& Zenab, Ai Siti.2019. Analisis Unsur Intrinsik Novel “Menggapai Matahari” Karya Dermawan Wibisono. Jurnal Parole, 2 (1): 21-26. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id
Poerwati, L.E. & Sofan A.. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Pradita, Silvy Mei. 2020. Sejarah Pergerakan Perempuan Indonesia Abad 19 – 20: Tinjauan Historis Peran Perempuan dalam Pendidikan Bangsa. Jurnal Chronologia: Journal of History Education, 2 (2): 12-27. http://dx.doi.org/10.22236/jhe.v2i2.6060
Pramudawardhani, Ira.,& Eni Estiana. 2019. Perjuangan Dan Pemikiran R.A. Kartini Tentang Pendidikan Perempuan. Jurnal Keraton, 1 (1): 42-55. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/keraton/article/view/322
Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rohtama, Yoga., Murtadlo.A., & Dahalan, Dahri. 2018. Perjuangan Tokoh Utama Dalam Novel Pelabuhan Terakhir Karya Roidah: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Ilmu Budaya, 2 (3): 221-232. http://dx.doi.org/10.5281/ilmubudaya.v2i3.1147
Sapdiani. Ratih., Maesaroh. Imas., Primansyah. P., & Firmansyah. Dinda. 2018. Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. Jurnal Parole, 1 (2): 101-114. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id
Suandi, I Nengah. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugihastuti dan Suharto. 2005. Teori Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.