PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Rendahnya minat membaca pada peserta didik yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pentingnya membaca, pesatnya perkembangan teknologi, serta kurangnya peran dan dukungan orangtua, tentunya akan berdampak buruk karena akan menyebabkan terciptanya generasi-generasi penerus bangsa yang tidak mampu bersaing karena kurangnya ilmu pengetahuan. Permasalahan terkait rendahnya minat belajar peserta didik memerlukan pendidikan yang tepat untuk mengatasinya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan minat baca peserta didik ialah melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan untuk membiasakan peserta didik agar gemar membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik melalui gerakan literasi sekolah (GLS), dan mendeskripsikan hasil dari penerapan program GLS pada peserta didik di SD YPWKS V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru dan peserta didik kelas III di SD YPWKS V. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, terdapat 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa kegiatan literasi melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah didukung oleh adanya peran guru yang baik dan optimal. Peserta didik sangat antusias dan tertarik dengan adanya kegiatan literasi yang dilaksanakan, sehingga penerapan kegiatan literasi ini dinilai dapat meningkatkan minat membaca peserta didik.
Article Details
References
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan Peran Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 522–527. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796
Dariska, S., & Zikra, Z. S. (2018). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMAN 3 Takengon. LIBRIA, 10(2), 60–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/4067
Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2178
Fath, Z. Al, Sholina, A., Isma, F., & Rahmawan, D. I. (2018). Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (Konsep dan Implementasi). Abdau Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 339–353. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36768/abdau.v1i2.19
Hindayati, D. (2020). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Lubis, F. G., Putri, A. D., & Irvan, R. A. (2022). Guru Profesional Sebagai Komunikator dan Fasilitator Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 34–38. https://doi.org/https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v1i1.25
Maisaroh, S. (2023). Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak untuk Meningkatkan Minat Baca dan Karakter Anti Bullying Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 360–373. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.90
Munawir, Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Nugraha, A. P., MS, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian. Journal of Primary Education, 2(1), 19–29. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647
Purwandari, S., & Andriyani, A. (2022). The Effect of the Literacy Habituation Program on Students’ Reading Interest. Urecol Journal. Part A: Education and Training, 2(2), 62. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.43
Retnoningsih, D. A. (2019). Pembelajaran Literasi Berbasis Musik dan Lagu Anak Terhadap Kemampuan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Dialektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 203. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i2.426
Rintang, K., Istiyati, S., & Hadiyah, H. (2021). Analisis peran guru dalam meningkatkan minat bacapesertadidik di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.4904
Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid–19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1361. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta, CV.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 233. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663