PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI SEMINAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran simulasi seminar terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah Bahasa Indonesia pada mahasiswa politeknik Harapan Bersama Tegal. Model pembelajaran simulasi seminar diimplementasikan sebagai pendekatan pembelajaran yang interaktif. Mahasiswa berperan aktif dalam menyajikan dan membahas topik yang berkaitan dengan mata kuliah. Metode penelitian quasi eksperiment digunakan, melibatkan dua kelompok mahasiswa: satu kelompok yang menjalani pembelajaran dengan Model Pembelajaran Simulasi Seminar, dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest mengalami kenaikan yang signifikan yaitu 17,8 atau 30%. Hasil analisis uji t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa t-hitung (3,53) lebih besar daripada nilai t-tabel (2,65). Dengan demikian model pembelajaran simulasi seminar berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah bahasa Indonesia prodi DKV politeknik Harapan bersama Tegal.
Article Details
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Bonnie Soeherman. (2019). Fun Research Penelitian Kualitatif dengan Design Thinking. PT Elex Media Komputindo.
Dewanto, S., & Santosa, A. (2020). Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit. Inaque : Journal of Industrial and Quality Engineering, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.34010/iqe.v8i1.2725
Hidayat, R., Khotimah, K., & Saputra, A. (2019). Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Telaah, 4(1), 31. https://doi.org/10.31764/telaah.v4i1.1268
Jamal Mirdad. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.
Kuntarto, E. (2017). Materi Kuliah Bahasa Indonesia. In Materi Kuliah Bahasa Indonesia. Kemendikbud RI.
Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi Tik Untuk Menumbuhkan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd/Mi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 88. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.26121
Kusuma, A. C., Ekasari, S. R., & Weddakarti, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. JPKMN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 540–547.
Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 14–15.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
RI, P. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. In Menteri Kesehatan Republik Indonesia: Vol. 1116/MENKE (pp. 1–22). http://dx.doi.org/10.1016/j.tecto.2012.06.047%0Ahttp://www.geohaz.org/news/images/publications/gesi-report with prologue.pdf%0Ahttp://ec.europa.eu/echo/civil_protection/civil/pdfdocs/earthquakes_en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gr.2011.06.005%0Ahttp:/
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2),