IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM GEMBROT SEBAGAI SARANA PENCAPAIAN 4C PADA PESERTA DIDIK

Main Article Content

A. Nurhasanah
S.N. Halisa
T.P. Ramadhanti
K. Nisa

Abstract

Proses pencapaian pembelajaran yang berkualitas menjadi terhambat akibat minimnya kesempatan peserta didik untuk merasa “bermain” di sekolah. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat dan motivasi belajar karena kurangnya ketertarikan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Suasana belajar yang dianggap tidak menarik bagi peserta didik, memerlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk menunjang terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, guru dapat menerapkan salah satu pendekatan  pembelajaran yang menyenangkan yaitu pendekatan PAIKEM GEMBROT (pembelajaran aktif, interaktif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan perencanaan guru dalam penerapan pendekatan PAIKEM GEMBROT sebagai sarana pengembangan kompetensi 4C pada peserta didik di SD YPWKS V, untuk menjelaskan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAIKEM GEMBROT pada SD YPWKS V, serta untuk menggambarkan hasil dari penerapan PAIKEM GEMBROT pada peserta didik dalam mengembangkan kompetensi 4C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru dan peserta didik kelas IA di SD YPWKS V. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, terdapat 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa dalam penerapan pendekatan PAIKEM GEMBROT bagi peserta didik di SD YPWKS V mampu meningkatkan keaktifan, kreativitas, serta minat belajar. Dengan demikian, pendekatan PAIKEM GEMBROT di SD YPWKS V mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar, sehingga peserta didik dapat memaknai kegiatan pembelajaran tersebut sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan 4C yang dibutuhkan pada pembelajaran abad 21.

Article Details

Section
Articles

References

aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). DedikasiMU: Journal of Community Service, 3(4), 1144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3249

Dewi. (2020). Hubungan gaya komunikasi guru terhadap tingkat keefektifan proses pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 72-73. https://doi.org/10.55115/purwadita.v3i2.365

Emiliza, A., D. (2022). Penerapan Strategi Joyful Learning pada Mata Pelajaran PAI di UPTD SMPN 1 KEC Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 651. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.218

Fadli. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 35. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228

Fauziah, N. S., & S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Islamic Journal of Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.54801/ijed.v2i1.172

Handayani, M., D. (2020). Mendukung Kualitas Pembelajaran Melalui Sekolah Aman dan Menyenangkan. Puslitjak.

Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & D. (2023). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1),185. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1499

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 22. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.3

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 7(1), 213-214. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/issue/view/28

Ramadhan. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).

Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B. A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 19. https://doi.org/10.29407/dedikasi%20.v1i1.16065

Sani. (2016). Penilaian Autentik. PT Bumi Aksara.

Saragi, C. N., Sianturi, S. A., Malau, W. Y., Ginting, R. T., Sibarani, T. V., Kaban, F. B., & Manullang, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Di Sd NO. 091421 EMPL BAH BUTONG. Community Development. Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1193. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta CV.