ANALISIS GAYA BAHASA PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK OKTOBER 2023

Isi Artikel Utama

S. Nurhafizhah
D. Irawan
T. Kurmalasari
A. Wahyusari
A. Malik
Zaitun

Abstrak

Penelitian ini membahas gaya bahasa di produk kecantikan di Tiktok. Gaya bahasa yang terdapat pada iklan produk kecantikan di Tiktok yaitu Scarlett, Garnier, Originote, Animate, dan Emina. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan jenis penelitian deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan jeni-jenis gaya bahasa yang terdapat iklan produk kecantikan, dengan teknik yang gunakan adalah teknik kualitatif karena data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis berupa iklan produk kecantikan, peneliti mengkelompokkan dan menganalisis iklan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa yang ada pada dua puluh lima iklan kecantikan yang diperoleh. Berdasarkan data yang telah dipaparkan peneliti mendapatkan tiga puluh tiga data. data tersebut terbagi atas gaya bahasa perulangan dua puluh dua, gaya bahasa pertentangan enam, gaya bahasa pertautan lima, dan gaya bahasa perbandingan satu data yang diperoleh.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arisnawati, N. (2020). Gaya Bahasa Sindiran Sebagai Bentuk Komunikasi Tidak Langsung Dalam Bahasa Laiyolo. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 18(2), 136. https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2314

Cahyo, A. N., Manullang, T. A. A., & Isnan, M. (2020). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti. Asas: Jurnal Sastra, 9(1). https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18329

Damayanti, R. (2019). Gaya Bahasa Dalam Wacana Iklan Produk Kosmetik Di Facebook. Sarasvati, 1(1). https://doi.org/10.30742/sv.v1i1.659

Firdania, A. N. U. R., Studi, P., Dan, B., Indonesia, S., Bahasa, F., Seni, D. A. N., & Yogyakarta, U. N. (2013). Analisis Gaya Bahasa dan Pencitraan Dalam Wacana Iklan Produk Kecantikan Majalah Femina Edisi Januari-Mei Tahun 2012. https://doi.org/https://eprints.uny.ac.id/17991/1/Astri%20Nur%20Firdania%2007210144001.pdf

Gustina, M. (2018). Gaya Bahasa Pengetahuan dan Penerapan. PT Intan Pariwara.

Keraf, G. (2021). Diksi dan Gaya Bahasa . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khalifah, M. et al. (2023). Gaya Bahasa Perbandingan Pada Iklan Produk Kecantikan Di Sctv. http://eprints.unram.ac.id/35344/2/JURNAL BASTRINDO.pdf

Mahsun. (2014). Metodologi Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moloeng, M. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pradopo, R. D. (2021). Srilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rukin. (2019). Metode penelitian Kualitatif. Takalar: CV. Jakad Media Publishing.

Setiyaningsih, I. (2021). Gaya Bahasa dan Aplikasinya. Yogyakarta: PT Penerbit Intan Pariwara.

Sukmawati, D. (2020). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Berbahasa Mandarin. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/38421/33874

Sugiono. (2017). Pemeriksaan Keabsahan data penelitian kualitatif pada skripsi.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV.

Tarigan, H. G. (2021). Pengajaran Gaya Bahasa . Titian Ilmu.