EFEKTIVITAS PBL BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Isi Artikel Utama

E. Santi
V. Purnamasari
Y.F. Nugraha

Abstrak

Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  berbantuan media kartu huruf efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design (nondesign). Seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian menggunakan sampling jenuh (total sampling). Populasi seluruhnya dijadikan sampel, karena jumlah populasi kurang dari 30 sampel. Sampel ini berjumlah 28 anak yaitu seluruh peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02. Peserta didik kelas 1 tersebut terdiri dari 13 peserta didik laku-laki dan 15 peserta didik Perempuan. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari nilai sig. pretest 0,133 dan nilai sig. posttest 0,463 yang nilainya > dari α (0,05). Uji hipotesis pertama berupa uji t (Paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower -37,314 dan Upper -27,829 keduanya bernilai negatif. Nilai sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulannya ialah bahwa model Problem Based Learning (PBL)  berbantuan media kartu huruf efektif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD, 3(1), 9–12.

Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951

Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.

Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992–9006. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3989

Fadhilah, K., Agusta, L., Nelly, A., & Erni. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. 08(September), 1–17.

Fajaryanti, M. A., Fitrianawati, M., & Rusmimawarti, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bergambar di SDN Gebangan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.78624

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Husada, S. P., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.

Indah Novitasari. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Konvensional, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7257

Juhaeni, Safaruddin, R, N., & Tanzila, A. N. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Kusuma, Y. Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD, 4(1).

Munawaroh, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Kelas 1 Semester 1 SD Negeri Pledokan Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 28–37. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.29

Mursyidah, Wahyuni, W., & Asrida. (2022). Efek Keluhan Kesehatan dan Angka Melek Huruf terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 32–37.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. 5(2), 165–170.

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Purwitha, D. G. (2020). Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Pembelajaran Inovatif Abad 21. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 49–55.

Ramdhini, R. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Asean Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6 SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.99

Syatauw, G. R., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. 2(2).

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304