PROSES KREATIF DEE LESTARI DALAM PENULISAN NOVEL AROMA KARSA

Main Article Content

A.A.N.B.J. Dewanta
I.W. Rasna
I.N. Martha

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses kreatif Dee Lestari dalam penulisan novel Aroma Karsa, yang meliputi: (1) tahapan proses kreatif dan (2) faktor-faktor yang memengaruhi proses kreatif. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori tahapan proses kreatif dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dengan Dee Lestari dan dokumentasi pada buku Di Balik Tirai Aroma Karsa. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif interpretatif dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) proses kreatif Dee Lestari dalam menulis novel Aroma Karsa melalui lima tahap kepenulisan, yaitu (a) tahap inspirasi, (b) tahap inkubasi, (c) tahap persiapan, (d) tahap penulisan, dan (e) tahap revisi. (2) terdapat dua faktor yang memengaruhi Dee Lestari dalam berproses kreatif, yaitu (a) dorongan dalam diri Dee Lestari untuk menulis yang mencakup ketertarikan untuk mengeksplorasi dunia olfaktori, keluarga Dee Lestari, tokoh idola (Sapardi Djoko Damono, Goenawan Mohamad, dan Erwin Goetawa), serta riset dan penelitian, (b) kegemaran Dee Lestari membaca buku. Rekomendasi pada penelitian ini adalah proses kreatif pengarang harus lebih diperhatikan lagi, karena merupakan salah satu acuan dalam mengapresiasi sebuah karya sastra dan mengembangkan ide kreativitas dalam membuat sebuah karya sastra.

Article Details

Section
Articles

References

Angraini, dkk. 2019. Proses Kreatif Isbedy Stiawan ZS dan Implikasinya pada Pembelajaran Apresiasi Puisi. J-Simbol (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Volume 6, Nomor 1, Maret 2019.
Chaniago, Fajry. 2017. Proses Kreatif Muhammad Ibrahim Ilyas dalam Menciptakan Naskah Drama Cabik (Tinjauan Sosiologi Pengarang). Jurnal Puitika, Volume 13, Nomor 1, April 2017.
Eneste, Pamusuk (Editor). 1984. Proses Kreatif: Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang. Jakarta: Gramedia.
Feist, Feist, & Roberts. 2013. Theories of Personality. 8th Edition. New York: McGraw-Hill.
Gustina, Annisa Putri. 2018. Proses Kreatif Christian Simamora dalam Menulis Novel Serial J Boyfriend. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra (LOGAT) Volume 5, Nomor 1, April 2018.
Hasanah dan Wahyudi. 2013. Mengenal Proses Kreatif Sastrawan Indonesia. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia (Anggota IKAPI).
Hs, Lasa. 2009. “Peran Perpustakaan dan Penulis dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat.” Visi Pustaka. Volume 11 Nomor 2, Agustus 2009. Diunduh dari www.pnri.go.id pada Minggu, 21 Maret 2021.
Krisna, Eva, dkk. 2011. Antologi Biografi dan Karya Lima Sastrawan Sumatra Barat. Balai Bahasa Padang.
Lestari, Dee. 2019. Aroma Karsa. Yogyakarta: Penerbit Bentang.
_______________ Di Balik Tirai Aroma Karsa. Yogyakarta: Penerbit Bentang.
Luthfi, Syaikhu. 2019. Kreativitas Amiruddin Olland dalam Penulisan Skenario Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 10. Jurnal Teosofia, Volume 8, Nomor 2, Maret 2019.
Maulidina, dkk. 2019. Konsep Proses Kreatif dan Kritik Sosial dalam Novel Babad Ngalor-Ngidul karya Elizabeth D. Inandiak. Jurnal Widyaparwa, Volume 47, Nomor 2, Desember 2019.
Nafilah. 2014. Proses Kreatif Muhidin M Dahlan dalam Menulis Novel Jalan Sunyi Seorang Penulis. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (LITERA). Volume 13, Nomor 1, April 2014.
Piliang, dkk. 2014. Konstribusi kemampuan apresiasi sastra dan berpikir kreatif terhadap keterampilan bermain drama pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Rengat Kabupaten Indragiri Hul. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. Volume 2, Nomor 2, Juni 2014.
Priventa, Hendrike. 2017. Pengaruh Latar Belakang Pengarang dalam Cerpen Nemuri Usagi Karya Hoshi Shinichi (Kajian Sosiologi Sastra). Semarang: Universitas Diponegoro.
Sayuti, dkk. 2006. Kendala Kepenulisan dalam Proses Menulis Karya Sastra Siswa SLTP di Kotamadya Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Semi, Atar.1988. Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa Raya.
Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.
Sumardjo, Jacob. 1997. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thaib, Khairy Ra’if. 2017. Proses Kreatif Gus Tf Sakai atas Novel Ular Keempat: Tinjauan Sosiologi Pengarang. Jurnal Puitika, Volume 13, Nomor 2, September 2017.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusatraan (Terjemahan Melani Budianta). Jakarta. Gramedia.
Wiarsih, Cicih. 2013. Keefektifan Media Komik dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Mengapresiasi Drama. Bandung: Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.