LIRIK LAGU SEBAGAI MEDIA KRITIK SOSIAL: KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS PADA LAGU KARYA NANOE BIROE

Main Article Content

N.N.D. Narayukti
I.B. Putrayasa
I.M. Sutama

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengakaji (1) makna kritik sosial yang diwacanakan dalam lagu karya Nanoe Biroe dilihat dari analisis teks, (2) makna kritik sosial yang diwacanakan dalam lagu karya Nanoe Biroe dilihat dari koginisi sosial, dan (3) makna kritik sosial yang diwacanakan dalam lagu karya Nanoe Biroe dilihat dari konteks sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif.  Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode wawancara. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian musisi mengkritisi sistem pemerintahan saat itu yang rawan korupsi dan manipulasi serta mengkritisi mindset keliru yang berkembang dalam masyarakat akibat dipengaruhi oleh persepsi buruk terhadap objek tertentu. Hal ini tercermin dari hubungan antar kalimat, hubungan antar proposisi, dan pilihan kata yang digunakan. Memori serta pengalaman dari musisi menjadi latar belakang musisi menciptakan lagu tersebut. Konteks yang membangun wacana dalam lagu-lagu tersebut berkaitan erat dengan historis tahun dan persitiwa yang terjadi saat lagu tersebut diciptakan. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) ditemukan makna kritik sosial dalam lagu Nanoe Biroe dilihat dari dimensi teks yang meliputi struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. (2) dalam analisis kognisi sosial, makna kritik sosial yang disampaikan musisi ialah menyudutkan (menyalahkan) pihak-pihak penguasa dan kebiasaan masyarakat. (3) dalam analisis konteks sosial, makna kritik sosial yang disampaikan musisi ialah praktik kekuasaan dalam sistem pemeritahan yang sangat merugikan rakyat kecil, kesenjangan sosial, ketidakseimbangan, dan perbedaan yang terjadi pada masyarakat saat lagu tersebut diciptakan.

Article Details

Section
Articles

References

Adili, La Ode. 2015. Analisis Wacana Dimensi Teks Model Van Dijk pada Teks Berita Kritik Pemerintahan Jokowi. Ejournal Multilingual.Volume XIV, No.2.Tersedia pada http://multilingual.kemdikbud.go.id. Diakses 20 Februari 2021, pukul 16.49.
Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: Percetakan LkiS.
Fadhilah, Yasin. 2019. Kritik dan realitas Sosial dalam Musik (Analisis Wacana Kritis pada Lirik Lagu Karya Iksan Skuter ‘Lagu Petani’). Commercium, Volume 01 Nomer 02. Terdapat pada https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.Diakses pada 16 Januari 2021, pukul 12.31.
Haryatmoko. 2019. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis): Landasan Teori, Metodelogi, dan Penerapan. Depok: Raja Pers.
Lestari, dkk. 2019. Kritik Sosial pada Lirik Lagu Iwan Fals (Suatu Kajian Sosiologi Karya Sastra). Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), Vol. 4 No. 3, Edisi Desember 2019/e-ISSN: 2503-3875. Tersedia pada http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA. Diakses pada 1 Juli 2020, pukul 20.58.
Renkema, J. 1993. Discourse Studies: An Introductory Textbook. Oxford: Blackwell.-
Safitri, Diah Sugi. 2019. Lirik Lagu ‘2019 Ganti Presiden’ Karya Sang Alang: Kajian Wacama teun A. Van Dijk.Skripsi.Tersedia pada http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/823.
Susilo, Tri. 2016. Persepsi Masyarakat Terhadap Perempuan Pekerja Hiburan Malam. Skripsi. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan.Jakarta: Sagung Seto.
Van Dijk, Teun A. 2003. Ideology and discourse: A Multidisciplinary Introduction. Tersedia pada https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/11.
Yuliansyah, Muharam. 2015. Musik sebagai Media Perlawanan dan Kritik Sosial (Analisis Wacana Kritis Album Musik 32 Karya Pandji Pragiwaksono). Skripsi. Jakarta: Universitas Islama Negeri Syarif hidayatullah.