PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WRITE-PAIR-SWITCH (WPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Isi Artikel Utama

N.M.D. Purnamayani
I.W. Rasna
I.B. Putrayasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gerokgak dengan menggunakan model konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe write-pair-switch (WPS), serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe WPS terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gerokgak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penentuan sampel dilakukan secara random dengan sistem pengundian dan dilanjutkan dengan uji kesetaraan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-Manova. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 71,28 sedangkan siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe WPS adalah 85,64. Rata-rata prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa yang menggunakan model konvensional adalah 73,56 sedangkan pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe WPS adalah 85,96. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-Manova adalah nilai sig. 0,000<0,05, menolak H0 dan menerima H1, yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe WPS berpengaruh positif terhadap aktivitas dan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adithya, Tommy, dan Muin, Abdul. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Pair Switch untuk Meningkatkan Aktivitas Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1: 180-188.
Adithya, Tommy. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Pair Switch untuk Meningkatkan Aktivitas Komunikasi Matematis Siswa. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5598. Diunduh pada tanggal 14 Juli 2020.
Jacobs, G.M. 2009. Learning Cooperative Learning via Cooperative Learning : A Sourcebook of Lesson Plans for Teacher Education on Cooperative Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.
Kurnia, Elniati, dan Amalita. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Pair Switch Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 7 No. 3.
Mattoliang, Lisnasari Andi. 2017. The Effectiveness Of Generative Learning Model With Write-Pair-Switch Strategy In Mathematics Learning Of Grade X Students At Sma Negeri 9 Makassar. Jurnal Daya Matematis. Volume 5: 153-161.
Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Nasional Kebahasaan dan Kesastraan.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Trisna, Silvi dan Putri Pratiwi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran WPS dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Education and Science Physics Journal. E-ISSN : 2503-3425. JRFES Vol 1, No. 1 (2014) 19 -27P- ISSN : 2407-3563.
Winkel, W.S. 2014. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.