PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES BERBASIS STORY TELLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas pembelajaran berdiferensiasi proses berbasis story telling terhadap kemampuan pemahaman unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas V SD di Gugus Dr. Sutomo Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan penjelasan yang mendalam tentang topik penelitian. Adapun subjek pada penelitian ini melibatkan guru kelas dan dua kelompok siswa yaitu kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran berdiferensiasi proses berbasis story telling dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes tertulis. Sampel penelitian ini yaitu 25 siswa kelas V B SDN Bangetayu Wetan 01 sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa kelas V SDN Bangetayu Kulon sebagai kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai Mean pada kedua kelompok tersebut setelah mendapat perlakuan dimana kelompok eksperimen memperoleh 82,48, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai sebesar 69,28. N-Gain score pada kelompok eksperimen yaitu 0,61 dengan persentase N-Gain sebesar 61% yang termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses berbasis story telling cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas V SD Gugus Dr. Sutomo Kota Semarang. Pembelajaran tersebut juga dapat menjadi salah satu inovasi yang tepat dan bisa diterapkan dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD.
Article Details
References
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Model-Pengembangan-Pembelajaran-Berdiferensiasi-SMPN-20-Tangsel-_5-Maretisbn.pdf
Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin, S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315-326. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337
Cindyana, E. A., Alim, J. A., & Noviana, E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Materi Ajar Geometri Berbasis Rme Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1179. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8837
Kumalasari, A., Wahyusari, A., Habibah, S. (2024). Analisis Diksi Dan Citraan Dalam Lirik Lagu Album “Manusia” Karya Tulus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v13i1.3153
Nawati, A., Kurniastuti, D., Kumalasari, I. D., Wulandari, D., & Nisa, A.F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 215–234. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1174
Ningsih, W., Salahuddin, A., & Sari, F. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartun Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Siswa KelasI SDN 13 SITIUNG Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 193–201. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/326
Ridwan, N., Akib, I., & Rukli. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 316–328. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1543
Nurlatifah, A., & Munandar, K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.87
Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11-19. https://doi.org/10.21927/literasi.2020
Santi, E., Purnamasari, V., & Y.F. Nugraha. (2024). Efektivitas PBL Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 49–58. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3314
Tanjung, R., Supandi, & Toyyib, M. A. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri Pasirkaliki Ii Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.299