UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah keterampilan berbicara siswa kelas III dalam aspek kebahasaan dan non-kebahasaan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III menggunakan metode bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus melibatkan 26 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan pengukuran. Analisis data pada penelitian ini mencakup evaluasi modul ajar, proses pelaksanaan pembelajaran, serta hasil belajar siswa. Siklus I pertemuan I, kemampuan perencanaan guru 68,75%, kemampuan guru mengajar 60,86%, dan hasil tes menunjukkan 26 siswa belum terampil. Pada siklus I pertemuan II, kemampuan perencanaan guru 75%, kemampuan guru mengajar 70,65%, hasil tes menunjukkan 3 siswa terampil pada aspek kebahasaan dan 1 siswa terampil pada aspek non-kebahasaan. Pada siklus II pertemuan I, kemampuan perencanaan guru 78%, kemampuan guru mengajar 76,19%, hasil tes menunjukan 15 siswa terampil dalam dua aspek. Pada siklus II pertemuan II, kemampuan perencanaan guru 87,5%, kemampuan guru mengajar 84,52%, dan hasil tes memperlihatkan bahwa 22 siswa terampil dalam kedua aspek. Peneliti menyarankan penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Article Details
References
Bahtiar, M. D. (2024). Implementasi Metode Bermain Peran dalam Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Teks Negosiasi. 02(02), 161–176. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3808
Dewi, M. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar [Language, Emotional, and Social Development in Primary School-Aged Children]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 121. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar. Bakti Tahsinia, 1(1). https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.174
Kartikaningrum, D. M., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Media untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6741–6751. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9029
Magdalena, I., Dwi, A., Oktania, A., Nashrulah, A. A., Fauziah, A., & Destiana, D. (2021). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar (Vol. 2). CV Jejak, Anggota IKAPI. https://books.google.co.id/books?id=dk0-EAAAQBAJ&pg=PA22&dq=indikator+minat+belajar&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwim36iTpYn0AhU4uksFHQnTDME4ChDoAXoECAgQAw#v=onepage&q=indikator minat belajar&f=false
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899
Muslimatul, S. H., Maison, Kurniawan, D. A., & Resnawati. (2021). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika diKelas X IPA MAN 1 Merangin. Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, 1(1), 62–74. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/841
Rahayu, M., & Wathon, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B. Sistim Informasi Manajemen, 3(6).
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2
Zahra, R. N., & Yuliana, N. (2023). Peran Komunikasi yang Efektif sebagai Kunci menuju Kesuksesan Seorang Putri Juniawan. Socius, 1(5), 169–174. https://doi.org/10.5281/zenodo.10285888