PENGEMBANGAN MEDIA SIJABI: SIMULASI JUAL BELI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BIPA LEVEL 2

Main Article Content

A.M.D. Damayanti
Suyatno
F. Inayatillah

Abstract

Jual beli menjadi aktivitas yang tidak terlepas dalam kehidupan, salah satunya bagi pemelajar BIPA untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di Indonesia. Namun, dalam implementasinya kerap dijumpai kesalahan berbahasa dan kurangnya kepercayaan diri pemelajar BIPA saat berinteraksi jual beli di Indonesia dengan penutur asli Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif Sijabi untuk pemelajar BIPA level 2 pada situasi jual beli di Indonesia. Jenis penelitian yang diterapkan adalah R&D dengan model 4D Thiagarajan. Subjek penelitian adalah pemelajar BIPA level 2 dengan menggunakan teknik purposive dan conveniens sampling dengan memilih subjek sesuai dengan kriteria, yaitu pemelajar BIPA level 2 karena terdapat materi Belanja di Pasar dalam buku Sahabatku Indonesia yang memelajari penggunaan bahasa Indonesia saat interaksi jual beli. Adapun validator dalam penelitian  ini terdiri atas ahli materi, media, dan bahasa untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan berupa angket beserta skala likert. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan hasil validasi para ahli untuk mengerahui kelayakan media dan angket yang diisi oleh pemelajar BIPA level 2 untuk mengetahui kepraktisan media. Adapun hasil penelitian menunjukkan 81,75% diperoleh dari ahli media, 84% dari ahli materi, dan 83% dari ahli bahasa yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dilengkapi dengan hasil respons pemelajar BIPA level 2 menunjukkan kriteria “Sangat Praktis” dengan persentase sebesar 83%. Kesimpulannya, pengembangan Sijabi sangat layak dan praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi pemelajar BIPA level 2 terutama pada unit jual beli.

Article Details

Section
Articles

References

Alfarobby, M. I., & Sodiq, S. (2024). Keefektifan Laman Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Mahasiswa BIPA Level 2 Di Universitas Negeri Surabaya. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(2), 229–241. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p229-241

Ambarsari, N., & Rivanti, A. N. (2023). Desain materi pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam ranah komunikasi bisnis: analisis kebutuhan dan perspektif mahasiswa asing. 5, 188–197. https://doi.org/10.26499/jbipa.v5i2.6681

Anastasya, A., Adilia, A. A., Pratiwi, A. C., Rara, R., Marindrasputri, D., & Wibowo, K. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Istana Maimun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14(1), 319–331. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13015

As’ari, C. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Keterampilan Berbicara Bipa 1 dengan Pendekatan Komunikatif bagi Pemelajar Diaspora Anak-Anak. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 19(1), 17. https://doi.org/10.26499/und.v19i1.5668

Asmorowati, D., Utomo, S., & Surachmi, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pati Tema “Daerah Tempat Tinggalku” Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5996

Eldiana, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Show and Telll pada Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA 3. Journal Education of Indonesia Language, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36269/jeil.v4i2.802

Fatimah, S., & Rahmawati, Z. N. (2022). Rekognisi Aspek-Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Sinda, 2(3), 55–70. https://doi.org/doi.org/10.28926/sinda.v2.i3.658

Fauzan, F., Albantani, A. M., Arifin, F., & Umbar, K. (2023). Analisis Konten Budaya dalam Buku Ajar BIPA “Ramah Berbahasa Jilid I” bagi Penutur Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.536

Febriana, I., Handayani, A., Handani, T., Angelia, T., & Septian, Y. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Mendukung Perdagangan Internasional di MEA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2845–2855.

Februari, B., Maulana, G. S., & Harianto, B. (2023). Pemikiran Imam Al-Ghazali Mengenai Perolehan Keuntungan Dalam Kegiatan Jual Beli. Journal Sains Student Research, 2(1), 310–322. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.552

Hadi Wibowo, L., & Vidya Asteria, P. (2023). Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Norma Aktivitas Sehari-hari Berbasis Plurikultural Bagi Pemelajar BIPA Madya. BAPALA: Kajian Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3).

Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–104. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.675

Husna, K., & Khaerunnisa, K. (2022). Implementasi Budaya Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar BIPA Level 2. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 39–54. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.8

Kurniasih, D., & Artikel, R. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar Basic Level. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–45. https://doi.org/10.26499/madah.v?i

Listrikasari, D. R. (2024). Adaptasi Komunikasi Budaya Mahasiswa Asing Di Universitas Negeri Surabaya. In The Commercium, 8(1), 130-140. https://doi.org/10.26740/tc.v8i1.59182

Massyyad, M., Yuyun, S., & Nurawulia, N. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Kios Intan Putra Pasar Baru Kecamatan Polewali Kabupaten Poliwali Mandar. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(2), 906. https://doi.org/10.35329/jp.v6i2.5337

Nada, M. (2024). Skripsi Formulasi Materi Ajar “Kosakata” Topik Jual Beli BIPA Level 1 dengan Menggunakan Media Gambar. Universitas Tidar.

Qoil, F. A. & Vidya, A. P. (2023). Pengembangan Modul Ajar Norma Aktivitas Sehari-hari Berbasis Plurikultural Bagi Pemelajar BIPA Madya. Bapala: Kajian Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 286–298. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/54743

Rivaldhy, M. A., Fatoni, A., Nasher, A., & Sitanggang, B. (2024). Komunikasi Interpersonal Pedagang Pakaian Bekas Pasar Senen Blok 3, Jakarta Pusat dalam Kegiatan Jual-Beli. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2). https://jurnal.akmrtv.ac.id/jk/article/view/361

Sibarani, R. H., Sherine, S., Simangunsong, Y., Telaumbanua, S., & Syahfitri, D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall untuk Pengenalan Kosa Kata Makanan Khas Batak Toba sebagai Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 755–761. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.537

Sugiarto, S., & Totok Priyadi, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Literasi Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3), 2100–2112. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/3069