PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk modul pembelajaran menulis puisi dengan pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa SMP Negeri 32 Maluku Tengah, Provinsi Maluku, yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini mengacu pada contoh pengembangan Plomp. Pengembangan dilakukan melalui empat tahap antara lain; (Pertama) Tahap Pengkajian Awal; (Kedua) tahap Perancangan; (Ketiga) Tahap Realisasi/ Konstruksi; serta (Keempat) Tahap Tes, penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata hasil validasi dari tiga orang ahli untuk aspek isi, bahasa, dan konstruks sebesar 87,49 %, menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid. Hasil uji coba kelas satu dan kelas terbatas modul pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 95,23% dan 92,38%, menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori praktis. Hasil uji coba lapangan berupa tes kompetensi literasi lingkungan dalam menulis puisi pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal melalui skema pretest dan posttest dapat meningkatkan kemampuan literasi lingkungan siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,76 yang berada pada kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kompetensi literasi lingkungan siswa sebesar 100% (>76%).
Article Details
References
Aisyah, T., Zannah, R., A.E.L, E., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27–36. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563
Alber, A., Mukhlis, M., Hermaliza, H., Gadink, M., & Widyawati, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Local Wisdom bagi Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 169–176. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i2.70488
Amal, I. (2024). Integrasi Pendekatan Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam Konteks Penilaian Pembelajaran Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1373–1380. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.854
Amaliyah, R., Hakim, L., & Lefudin, L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74
Famulaqih, S., & Lukman, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pembelajaran. 1(2).
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Guru Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 43–52. https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9962
Fitrianti, D. K., Apriyana, R., Faradilla, S., & Setiawaty, R. (2024). Pengembangan Model Menulis Menggunakan Media Melambung Berbasis QR untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(2), 100–110.
Harinaliza. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i2.1454
Mawardi, P., Nurhakim, I., & Veriansyah, I. (2023). Pengembangan Modul Literasi Lingkungan melalui Program Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6609–6619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5351
Nahak, K. E. N., Mona, G. Y., SabaOra, J. U. L., Nubatonis, S., & Tameon, E. M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Ume Le’u Materi Bangun Datar untuk Siswa SDK Eban 1. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 178–188. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.541
Nurhayati, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berdeferensiasi ( Literature Review ). Jurnal Normalita, 11(3), 531–538.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. In Surya Cahya.
Suriani, T., & Ningrum, I. C. (2024). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering Mathematics (STEM). Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 8(2), 40–50. https://doi.org/10.36057/jips.v8i2.677