CITRAAN DALAM ANTOLOGI PUISI SAYAP DI UJUNG AWAN KARYA FAJAR EL FATIH, DKK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Main Article Content

F.S. Rini
T. Mulyono
S. Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pemahaman tentang citraan dalam buku antologi puisi Sayap di Ujung Awan karya Fajar El Fatih, dkk, serta menyajikannya sebagai bahan ajar referensi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Sumber data berupa baris-baris puisi yang mengandung citraan. Hasil penelitian menunjukkan enam jenis citraan, yaitu (1) Citraan penglihatan 33 data: 38%, (2) Citraan pendengaran 13 data: 15%, (3) Citraan perabaan 11 data: 13%, (4) Citraan penciuman 3 data: 4%, (5) Citraan pengecapan 6 data: 7%, (6) Citraan gerak 19 data: 23%. Citraan penglihatan paling dominan,  kemungkinan besar digunakan oleh penulis untuk menciptakan pengalaman visual yang kuat bagi pembaca, sementara citraan penciuman paling sedikit, menunjukkan bahwa unsur sensorik ini bukanlah fokus utama tema puisi dalam antologi. Perbedaan jumlah citraan ini menunjukkan pesan dan tema yang ingin disampaikan oleh para penulis antologi melalui citraan. Hasil analisis terhadap penggunaan citraan dalam buku antologi puisi Sayap di Ujung Awan karya Fajar El fatih, dkk dapat memberikan wawasan  yang bermanfaat bagi guru dalam menyusun bahan ajar, khususnya pada materi pembelajaran puisi. Diharapkan, penelitian ini dapat membantu siswa dalam memahami arti dan tujuan puisi. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang SMA, khususnya di kelas X sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Article Details

Section
Articles

References

Afriani, R., A’yunin, Q., & Elfina, E. (2024). Analisis Citraan dalam Puisi Ibu Karya Ratna Rosana. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 4(02), 110–114. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2744

Ahmadi, A. (2023). TEORI SASTRA: Perspektif Apresiatif. Penerbit Delima. https://books.google.co.id/books?id=t8rbEAAAQBAJ

Fatih, F. E., Aeni, L., Andi, P., Anis, D. S., Anita, T., Bella, K., Daito, M., Eko, S., Elok, P. S., Fatin, N. A., Novi, N. A., Novi, R., Puri, T. A., Rizza, A., Saharani, K. W., & Vifah, M. (2016). Sayap di ujung awan. SINT Publishing.

Halim, M. F., Marhamah, S., Susiawati, W., & Royani, A. (2025). Pendekatan dalam Penelitian Bahasa dan Sastra. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 622-628. http://indojurnal.com/index.php/jisoh/article/view/603

Henny, P & Tri, H. (2020). Berkarya Melalui Buku Antologi Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Pus-Takawan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 81–94. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17800

Hikmat, A., Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2017). Kajian Puisi. Kajian Puisi.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Masrin. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SMA Labschool Jakarta. Jurnal Ilmiah Telaah. https://doi.org/10.31764/telaah.vXiY.2630

Sahari, A. C., & Qur’ani, H. B. (2024). Gaya Bahasa Kiasan Dalam Antologi Puisi Langit Air Langit Basah Karya Akhmad T. Bacco. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 9(2), 335–347. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v9i2.2241

Saputra, W., & Sunarya, Y. (2024). Perkembangan Penelitian Kualitatif dalam pembelajaran Membaca: Sebuah Kajian Studi Literatur. Jurnal Education and Development, 12(3), 64–69. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/6359

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan lPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Sayuti, S. A. (2002). Berkenalan dengan Puisi (Panji Dwi Rahayu Wijaya & Agustina Purwantini, Eds.). Gama Media.

Septiana, N. N., & Khoiriyah, Z. (2024). Metode penelitian studi kasus dalam pendekatan kualitatif. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 233–243. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/5181

Umami, S. (2024). Pencitraan pada kumpulan puisi dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah. Deiksis, 16(1), 1–15. https://www.journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/21637

Wajiran, S. S. (2024). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Pengantar. Uwais Inspirasi Indonesia.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.