PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Main Article Content

A. Wiarsih
E.M. Sari

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk mengungkapkan gagasan, pendapat, dan informasi secara lisan dengan jelas dan efektif. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara, seperti kurang percaya diri, keterbatasan kosakata, serta kurangnya kesempatan untuk berbicara dalam lingkungan pembelajaran yang interaktif. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran window shopping berbantuan multimedia pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tindakan yang terdiri dari 2 siklus; setiap siklusnya memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran berbicara dengan Window Shopping berbantuan multimedia menunjukkan peningkatan yang signifikan; pada tahap pra-tindakan, dari 42 siswa, hanya 23 siswa (55%) yang mencapai kategori tuntas, sementara sisanya (45%) belum mencapai standar minimal. Setelah penerapan model Window Shopping pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 30 siswa (71%). Peningkatan kembali terjadi pada siklus II, menjadi 35 siswa (83%) yang berhasil mencapai ketuntasan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa model Window Shopping berbantuan multimedia menciptakan lingkungan belajar yang aktif, komunikatif, dan konstruktif.

Article Details

Section
Articles

References

Apriana, & Mulyati, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.273

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252–260. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Bradbury, H. (2015). The Sage handbook of action research. Sage.

Chusnul Chotimah, Asthiyandha, T., & Maghfira, H. F. (2024). Penerapan Metode Window Shopping Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Kegiatan Ekschool Di Smpit Yapidh Bekasi. BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 300–303. https://doi.org/10.62335/besiru.v1i5.1019

Elfrisca, D., Oktrifianty, E., & Fadhillah, D. (2023). Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1863–1868. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5770

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya peningkatan kemampuan public speaking pemuda sragi ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109. https://doi.org/10.3102/00346543074001059

Fudtriani, I., Imam Agus Basuki, & Ratnawati, H. (2025). Model Pembelajaran Window Shopping: Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia di Kelas VIII. Journal of Language Literature and Arts, 5(4), 469–475. https://doi.org/10.17977/um064v5i42025p469-475

Hatimah, H. (2022). Model Cooperative Learning Tipe Windonw Shoping Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 4 Banjarbaru. Pendidikan Profesi Guru (PPG) Untuk Merealisasikan Guru Profesional Di Era Sosiety 5.0, 2, 659–670. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/878

Hidayat, D. B. (2022). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus di SDN 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(1), 36–44. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i1.21067

Ibrahim, M., Aufa, I., Handayani, W. L., Hasana, N., & Rosyidah Az-zahra, S. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Model Window Shopping. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 53–62.

Ilmi, N., Hanafi, N. A., & Asti, A. F. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 62 Parepare. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 621–630. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21175

Juhrani, M. (2022). Meningkatkan Keterampilan Percakapan Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(1), 1701–1713.

Kemmis, & Mc. Taggart. (2010). The Action Research Planner. Deaken Univercity Press.

Kurniawati, F. N. (2023). Fostering Students’ Creativity in English Writing Class: Investigating The Impact of Project-Based Learning in Bridging Ideas and Words. English Learning Innovation, 4(2), 150–164. https://doi.org/10.22219/englie.v4i2.30611

Marsevani, M., & Habeebanisya, H. (2022). A Classroom Action Research: Improving Speaking Skills through Work in Pair Technique. TLEMC (Teaching and Learning English in Multicultural Contexts), 6(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/tlemc.v6i1.4834

Martha Juliana Marpaung, & Malan Lubis. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAS Budisatrya Medan. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 39–51. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.570

Maryati, R., Huda, K., & Hadiyaturridho, H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Fiksi Kelas V SDN 1 Mamben Tahun Pelajaran 2022/2023. Transformasi: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtni.v9i1.7270

Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 8. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1

Mertler, C. A. (2024). Action research: Improving schools and empowering educators. Sage Publications.

Miles, M. B., & Huberman, M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Universitas Indonesia.

Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 197–208. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292

Mustafa, S. R., & Bakar, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pai. RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1740

Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shoping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.55173

Nofita, Zulkifli, & Kurnia, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran Window Shoping di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Jurnal JRPP, 3(1), 108–114. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.870

Novitasari, D., & Kurniawati, R. (2023). Optimalisasi Pengalaman Belajar Siswa SD melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web. Nusantara Educational Review, 1(1), 43–55. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1006

Paul, P. V. (Ed.). (2023). Perhaps This Is Everything You Wanted to Know About Vygotsky, but Were Afraid to Ask. American Annals of the Deaf, 168(1), 7–11. https://doi.org/10.1353/aad.2023.a904164

Prasetyo, A. D. (2021). Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar. PEDAGOGIKA, 12(2), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.782

Putri, K. A., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang. Berajah Journal, 1(3), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.35

Rasidi, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI UIN Mataram. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 31–33. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.1297

Riani, S., Al Hakim, R. R., & Sukmarani, D. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaran biologi: mini-review. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. https://www.researchgate.net/publication/355792083_Pemanfaatan_teknologi_pembelajaran_berbasis_multimedia_untuk_pembelajaran_biologi_mini-review

Sabil, M. H., Asyiah, N., Gultom, M. N. S., Siregar, R. R., & Siregar, R. S. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Audio-Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Mendengarkan Bahasa Indonesia. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(4), 5717–5721. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i4.10115

Sahara, S., & Satria, D. (2025). Keterampilan Berbicara Sebagai Kunci Utama dalam Kemampuan Berbahasa Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i3.1750

Santoso, A. D., Alim, H. H. S., Rohmah, N., & Milawati. (2023). Learning Assessment of Humanity Courses in Project Based Learning (PBL). Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(1), 272–278. https://doi.org/10.58526/jsret.v2i1.71

Sari, E. M., Yudin, J., & Muhria, L. (2024). Penggunaan Metode Fonik Berbantuan Fuzzle Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(2), 116–133. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v7i2.3266

Susanti, E. (2019). Keterampilan Berbicara. Raja Grafindo Persada.

Trianasari, E., Sudrajat, D., Subroto, D. E., Purnama, Y., Tumiwa, J., & Hutauruk, T. L. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10081–10088. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31543

Tzuriel, D. (2021). The Socio-Cultural Theory of Vygotsky (pp. 53–66). https://doi.org/10.1007/978-3-030-75692-5_3

Uno, W. A. (2021). Pengembangan teknologi pendidikan IPA berbasis multimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa. cv. cahaya arsh publisher & printing.

Wiarsih, A. (2022). The Effectiveness of the Communicative Approach in Enhancing Students’ Speech at SMA Negeri 1 Sukahaji Majalengka. Foreign Language Instruction Probe, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.54213/flip.v1i1.159

Wiarsih, A. (2023). Development of a Synectic Model in Speech Learning In Class. Journal Socio Humanities Review, 3(1), 21–35. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JSHR/article/view/9641

Wiarsih, A., Pitrianti, S., Lestari, D., Adawiyah, F. R., Rosyidin, M. S., & Melawati, D. (2021). Workshop Stimulatif Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Bahasa Pada Mgmp Bahasa Indonesia Kabupaten Majalengka. MADANIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 12–19.

Yang, X. (2023). A Historical Review of Collaborative Learning and Cooperative Learning. TechTrends, 67(4), 718–728. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00823-9

Zainal, A. G. (2022). Public Speaking (Cerdas Saat Berbicara di Depan Umum).