STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PUISI BALI MODERN DI SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada materi puisi Bali modern di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini berargumen bahwa pembelajaran berdiferensiasi berfungsi sebagai jembatan pedagogis esensial untuk mencapai Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) sesuai tuntutan Kurikulum Merdeka. Fokus penelitian mencakup tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan strategi, dan analisis hambatan dalam konteks sekolah berasrama dengan heterogenitas siswa yang tinggi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru Bahasa Bali (kasus tunggal) dan kelas X yang dipilih secara purposif berdasarkan keragaman gaya belajar dan tingkat kesiapan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBD di sekolah ini dirancang secara sistematis, didukung oleh infrastruktur kelembagaan yang kuat, termasuk penyediaan profil siswa dan pelaksanaan asesmen diagnostik komprehensif sebagai basis perencanaan yang adaptif. Secara pelaksanaan, diferensiasi termanifestasi komprehensif (konten, proses, produk, dan lingkungan), memberikan otonomi belajar yang signifikan kepada siswa dalam memilih sumber, metode kerja, dan bentuk karya puisi (langsung/video). Pemberian otonomi ini terbukti memperkuat rasa kepemilikan (sense of ownership) siswa terhadap karya mereka, sebuah indikator kunci dari deep learning. Meskipun demikian, efektivitas praktik ini tereduksi oleh kendala struktural dan pedagogis, meliputi keterbatasan waktu tatap muka dan umpan balik formatif yang belum optimal. Temuan ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi adalah paradigma pedagogis untuk deep learning, bukan sekadar variasi aktivitas. Keberlanjutan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam kerangka Kurikulum Merdeka menuntut adanya koherensi pedagogis yang menggabungkan fleksibilitas strategi guru dengan dukungan kelembagaan yang memadai, termasuk dalam penyediaan profil siswa dan pelaksanaan assesmen diagnostik yang sistemik.
Article Details
References
Abdillah, M., Hartono, R., & Fitriani, S. (2022). The Implementation of Differentiated Instruction Lesson Plan in the Practice of TEAL Course. English Education Journal, 705-727.
Apsari, K., Astawan, N., & Sadwika, I. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 169-182. https://doi.org/10.5281/zenodo.7417048
Dewi, I., Arfianti, E., & Fitriani, D. (2025). Pendekatan pembelajaran mendalam dalam pembelajaran abad ke-21. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 45-58.
Dewi, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VII H SMP Dharma Wiweka Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Subasita: Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, 93-100. https://doi.org/10.55115/subasita.v3i1.2326
Griful-Freixenet, J., Struyven, K., Vantieghem, W., & Gheyssens, E. (2020). Exploring the interrelationship between universal design for learning (UDL) and differentiated instruction (DI): A systematic review. Educational Research Review
GTK, D. (2020). Pedoman Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
GTK, D. (2023). Asesmen Diagnosis untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Heacox, D. (2019). Making Differentiation a Habit: How to Ensure Success in Academically Diverse Classrooms. 2nd ed. Minneapolis: Free Spirit Publishing.
Isbandiyah, & Supriyanto. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Tapis Lampung Sebagai Upaya Memperkuat Identitas Bangsa. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 29-43. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i1.673
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikdasmen. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Mahmuda, H., & Sunarso, A. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berbasis Story Telling Terhadap Kemampuan Pemahaman Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 35-46. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v14i1.4836
Miles, M., Huberman, A., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mustika, I. (2022). Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis IT Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 13-22. https://doi.org/10.25078/kalangwan.v12i2.1674
Nurdiana. (2024). Paradigma Baru dalam Pedagogik: Menyongsong Deep Learning Sebagai Pendekatan Pembelajaran di Indonesia Abad Ke 21. Sindoro: Jurnal Cendikia Pendidikan, 22-35. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Pozas, M., Letzel, V., Lindner, K.-T., & Schwab, S. (2021). DI (Differentiated Instruction) Does Matter! The Effects of DI on Secondary School Students’ Well-Being, Social Inclusion and Academic Self-Concept. Frontiers in Education, 6
Rahmawati, S. (2020). Bahasa Daerah sebagai Sarana Pelestarian Budaya Lokal dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, 55-62.
Sousa, D., & Tomlinson, C. (2018). Differentiation and the brain: How neuroscience supports the learner-friendly classroom. Bloomington: Solution Tree Press.
Suastra, I. (2018). Revitalisasi Bahasa Bali melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Bali, 213–230.
Suwidnyana, P., Aryana, I., & Paramartha, I. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bali Modern dengan Media Lagu Pop Bali" Bungan Sandat". Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 59-68. https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.62646
Tomlinson, C. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. Alexandria: ASCD.
Utari, N. (2024). Metode Diferensiasi dalam Pelajaran Wacana Berbahasa Bali Kurikulum Merdeka Kelas X di SMA Dharma Praja Denpasar. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 155-164. https://doi.org/10.25078/kalangwan.vi.4086
Whitley, J., Gooderham, S., Duquette, C., Orders, S., & Cousins, J. (2020). Implementing differentiated instruction: a mixed methods exploration of teacher beliefs and practices. Ottawa: University of Ottawa Study.
Wibawa, G. (2023). Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern dengan Teknik Akrostik Siswa Kelas X MPLB A SMK Negeri 1 Singaraja. LOKABASA. https://doi.org/10.17509/jlb.v15i1.73748
Wicaksana, A., Nardiyana, K., Werdiningsih, D., & Busri, H. (2024). Development of interactive poetry writing teaching materials with smart themed differentiated learning design in Class X SMA Brawijaya Smart School. Science and Education, 4(6), 614-618. https://doi.org/10.55677/ijssers/V04I6Y2024-18
Widiastini, N., Sutama, I., & Sudiana, I. (2023, Maret). Penerapan Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13-23. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2220