PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS CANVA GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak peserta didik pada pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Assafina Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak melalui penggunaan media berbasis Canva dalam pembelajaran bahasa Indonesia. pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Terdapat 30 peserta didik yang terlibat dalam penelitian. Tes keterampilan menyimak, lembar observasi aktivitas belajar, dan angket respons siswa adalah sumber data. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dengan menghitung persentase ketuntasan hasil belajar, rata-rata aktivitas belajar, dan respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menyimak; ketuntasan belajar meningkat dari 26,67% pada pra siklus menjadi 43,33% pada siklus I dan 93,33% pada siklus II. Aktivitas belajar meningkat dari 60% menjadi 88%, dan respons positif siswa meningkat dari 55% menjadi 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis Canva efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyimak pembelajaran di kelas, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, membuat lingkungan pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan.
Article Details
References
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Awilisni, S. & Dalman, S. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. 783–791. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/783%20%E2%80%93%20791
Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 258–269. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.71
Idawati, Prayitno, H. J., Harsono, & Sutopo, A. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Audio Visual: Pembudayaan Dimensi Mandiri. JURNAL DIDACTIQUE Bahasa Indonesia, 4(2), 83–92. https://doi.org/10.52333/didactique.v4i2.151
Massitoh, Euis., I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 330–333. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614
Nurhayani, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut, 4(1), 54–59. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif Dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297. http://dx.doi.org/10.35906/resona.v7i2.1843
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163–172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196
Satria, T. G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. Jurnal PGSD, 10(2), 114–120. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120
Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.