IMPLEMENTASI MEDIA VIDEOSCRIBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS

Isi Artikel Utama

Yulianti Hairunnisah Yulianti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media videoscribe dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan membaca dan menulis di SMP Mihtajul Ulum Patas. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif sebagai suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi alami. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa SMP Mihtajul Ulum Patas, sedangkan objek penelitian yang digunakan yaitu di sekolah SMP Mihtajul Ulum Patas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara pada penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa di SMP Mihtajul Ulum Patas. Dalam  hal ini, kegiatan wawancara itu hanya pertanyaan yang berasal dari pihak pewawancara, sedangkan responden yang menjawab pertanyaan-pertanyaan saja. Implementasi yang digunakan yaitu berdasarkan media berbasis ICT, jika ditinjau dari sikap positif dalam suatu pembelajaran yang akan memudahkan siswa dalam menjalani kegiatan belajar mengajar dan penggunaan pada videoscribe yaitu mampu menyajikan konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga siswa mampu menikmati prosesnya. Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat di informasikan kepada orang lain. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bahasa, P., Nurjaya, I. G., Astika, I. M., Pendidikan, J., & Indonesia, S. (2014). PENERAPAN METODE SQ3R BERBANTUAN MEDIA CERPEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAM MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 GEROKGAK. 1, 1–12.
Fahreza, F. C. D. (2019). Analisis Bahasa Tulisan Pada Anak Dengan Gangguan Disleksia (Pendekatan Psikolinguistik). METAMORFOSIS Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12, 45–50.
Helda, T. (2017). MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS VII SMP ISLAM KHAIRA UMMAH PADANG. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2186
Hudhana, W. D. (2019). No TiHudhana, W. D. (2019). Pengembangan Media Video Sribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.tle. Pengembangan Media Video Sribe Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA Se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
Hudhana, Winda Dwi. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbasis Karakter Menggunakan Media Pembelajaran VideoScribe. 265–270.
Ibda, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48–64. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227
Irawan, D., & Sukmana, E. (2019). Gondang : Jurnal Seni dan Budaya Menulis Cerita Pendek dengan Metode Outdoor Learning Writing Short Stories with the Outdoor Learning Method. 3(1), 9–19.
Kultura, J. E. (2013). Laura Mayasari Br. Gurusinga : Hubungan Keterampilan Membaca… (66 -75). 66–75.
Pratama, O. P., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2017). Arabiyât. 4(2), 227–254.
Siswa, P., Viii, K., & Semarang, S. M. P. N. (2012). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN METODE PQRST PADA SISWA KELAS VIII. 6(2), 120–136.
Susanto, H., & Akmal, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197. https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1425