PENERAPAN TEKNIK PEMENTASAN BONDRES CLEKONTONG MAS DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS X

Isi Artikel Utama

S.G.L.W.C. Astiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar dengan mengintegrasikan teknik pementasan bondres clekontong mas sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bermain peran siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri, mengetahui pembelajaran drama dengan teknik pementasan bondres clekontong mas serta keterkaitannya dengan pendidikan, dan mengetahui langkah-langkah penerapan teknik pementasan bondres clekontong mas sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bermain siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran bermain peran siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Objek penelitian ini adalah teknik pementasan bondres clekontong mas. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa mengetahui keterkaitan teknik pementasan bondres clekontong mas dengan pendidikan , (2) siswa merasa lebih antusias dalam pembelajaran drama dengan teknik pementasan bondres clekontong mas, hal tersebut terlihat dari manfaat yang dirasakan siswa, dan (3) siswa mampu menggunakan teknik pementasan bondres clekontong mas, hal tersebut tergambarkan oleh hasil bermain peran siswa. Jadi melalui media bondres akan menarik perhatian anak didik melalui dagelan lucu yang dilihat, maka pendidik mampu memotivasi anak didiknya untuk bisa mengapresiasi sastra khususnya drama dengan cara bermain peran dan secara tidak langsung anak didik memahami kultur budaya yang berada di daerahnya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amri, U., & Damaianti, V. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama Melalui Teater Tradisional Randai Berbasis Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 186. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5141
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, H. (2015). Nilai religius, moral, dan etika pada cerpen: Hubungan manusia dengan Ciptaannya. Jakarta: Unindra.
Endraswara, S. (2011). Metode pembelajaran drama. Yogyakarta: CAPS.
Florida, N., López, C., & Pocomucha, V. (2012). CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 2(2), 35–43.
Harahap, S. H. H. (2020). Pembelajaran Sastra: Berbagai Kendala Dalam Bermain Drama Bagi Mahasiswa. Basastra, 9(1), 114. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17779
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyaakarta: Ombak.
__________. (2018). Nationalism in Indonesian Literature as Active Learning Material. International Journal of Active Learning, 3(1), 33–48.
Kirana, C., Suwandi, S., & Anindyarini, A. (2015). Penerapan Metode Pemodelanuntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Xi Ipa 3 Sma Negeri Kebakkramat. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(2), 54281.
Kurniawan, T. U. (2016). Perwujudan Naskah Drama Anusapati Karya S.H. Mintardja dalam Pementasan Teater. Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.24821/jousa.v3i2.1476
Listiningrum, H. D., Tobari, & Kesumawati, N. (2020). International Journal of Educational International Journal of Educational Review. International Journal of Educational Review, 2(1).
Marantika, J. E. R. (2014). Drama Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Tahuri, 11(2), 92–102. https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_iteminfo_lnk.php?id=914
Riantiarno, N. (2011). Kitab Teater. Jakarta: Grasindo.
Rumilasari. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/266395-metode-pembelajaran-bermain-peran-dalam-24ddb170.pdf
Satoto, S. (2012). Analisis Drama Teater. Yogyakarta: Ombak.
Scharfstein, M., & Gaurf. (2013). Bab II Kajian Teori A. Keterampilan Berbicara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyo, B. (2020). Kaitan Nilai Budaya dan Fakta Sosial Novel Sukreni Gadis Bali Karya AA Panji Tisna. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 204. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6700
Uny, F. B. S. (2011). Bahan Kuliah Apresiasi Puisi Jawa.
Widia, I. (2007). Pembelajaran Mengarang Siswa Sekolah Dasar. Tesis (tidak diterbitkan). Bandung:UPI.
Winata, N. T. (2017). Maling ( Drama Tarling ) Untuk Pembelajaran Merancang Pementasan Dan Mendemonstrasikan Drama Sebagai Seni Pertunjukan Pada Siswa Sma. 307–328.
Wiwik, N., & Putri, E. (2021). Bondres Dangdang Ketekung Sebagai Media. 16(1), 31–44.