PENGGUNAAN MEDIA BLOGSPOT PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SINOPSIS

Main Article Content

N.L.P.S. Aristyawati
I.W. Rasna

Abstract

Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang terdampak pandemi. Seluruh komponen pendidikan dipaksa secara cepat untuk menyesuaikan situasi, khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah operasional yang ditempuh guru terkait penggunaan media blogspot  pada pembelajaran menulis teks sinopsis di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Denpasar dan mendeskripsikan tingkat kemampuan Siswa dalam menulis teks sinopsis dengan media blogspot di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 10 Denpasar. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa metode, yakni metode observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh langkah-langkah operasional penggunaan media blogspot pada menulis teks sinopsis ialah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang dibagi menjadi 5 tahapan (kegiatan literasi, critical thinking, collaboration, communication, dan creativity) dan kegiatan penutup. Tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks sinopsis dengan media blogspot di kelas X MIPA 2 SMKA Negeri 10 Denpasar secara menyeluruh ialah 87, 5 dengan kategori sangat baik. Rincian persentasenya ialah 34 orang berkategori sangat baik (97,14%) dan 1 orang berkategori baik (2,86%). Guru diharapkan dapat menerapkan penggunaan media blogspot guna memudahkan siswa menuangkan ide-ide kreatif ke dalam penyusunan data-data menulis teks sinopsis.

Article Details

Section
Articles

References

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 9(1), 16–22.
Djabidi, F. (2016). Manajemen Pengelolaan Kelas Upaya Peningkatan Strategi Dan Kualitas Dalam Pembelajaran. Malang: Madani.
Huda, M. (2020). Blended Learning: Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman (Blended Learning: Improvisation in Experience Writing Learning). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130.
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori Dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur. (2018). Efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran berbantuan ispring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 451–461.
Lia, n.d. “Panduan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.”
Nurmina, & Nurlaili. (2020). Implementasi blended learning pada mata kuliah menulis i program studi pendidikan bahasa indonesia universitas almuslim . Prosiding Samasta, 1–6.
Priansa, Donni Juni. (2014). Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sendari, Ayu. (2021). “No Title.” 2021.
Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249.
Wendra, I Wayan. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.