EFEKTIVITAS PEMANFAATAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Main Article Content

L.A. Yuningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan WhatsApp dalam pembelajaran keterampilan menulis Teks Deskripsi di kelas VII SMP Negeri 2 Kubutambahan dan mendeskripsikan teknik pemanfaatan WhatsApp dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi di  kelas VII SMP Negeri 2 Kubutambahan. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kubutambahan. Objek penelitian ini adalah efektivitas pemanfaatan WhatsAppdalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi,  dan teknik guru mengimplemetasikan WhatsApp dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi,. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode tes,  wawancara, dan observasi. Dari penelitian yang dilakukan di kelas VII C, dan VII D,diperoleh bahwa hasil penelitianterkait efektivitas pemanfaatan WhatsApp dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi melalui pemberian tes oleh guru adalah sangat efektif. Hasil  penelitian menunjukkan prestasi siswa dari kedua kelas tersebut,  yaitu diatas KKM.  Kelas VIIC rata-rata rasio efektivitas , yaitu 97,816, dan kelas VIID rata-rata rasio efektivitas,  yaitu 97,835, yang  dapat dikatakan  kategori sangat efektif.

Article Details

Section
Articles

References

Alqahtani, D. (2018). WhatsApp:An Online Platform For Univercity - Level Engglish Langguage Education. Arab World Engglish Journal, 9(4). https://doi.org/10.24093/awej/vol9no4.7
Arifin dan Setiyawan. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Sripta Media Creative.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Ayu, P. D. W. (2017). Analisis Pengukuran Efektifitas Dan Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Surat STIKOM Bali. https://media.neliti.com/media/ .../131281 - ID-analisis-pengukuran-tingkat-efektifitas.pdf..
Chang, W. (2014). Metodelogi Penulisan Esai, Skripsi, dan Distertasi untuk Mahasiswa. Erlangga.
E Zaenal, A. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (Revisi). Akademi Pressindo.
Gimenez,J. & Gimenez, J. (2011). An Introducation to Academic Writing. In Writing for Nursing and Midwifery Students.
Harnyanta, A. T. (2012). Kamus Kebahasaan dan Kasusastraan. Aksara Sinergi.
Kunjana, R. (2009). Penyuntingan Bahasa Indonesia Untuk Karang-Mengarang. Erlangga.
Latea, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Monowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 214/199-213.
Meimuduyanti. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.
Moro, H. K. E. P. (2016). Pengaruh Penggunaan WhatsApps Messenger Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR-RANIRY Banda Aceh. Jurnal.Ar- Raniry.Ac.Id/Index.Php/Cyberspace/Article/Download/1980/Pdf. (Diakses 10 November 2021).
Rukmi, C. E. . & A. . (2014). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Balongjeruk Kediri. Jpgsd, 2, 10.
Suandi, I. N. (2008). Buku Ajar Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Sukardi. (2008). Keterampilan Membaca. Undiksha.
Tarigan, H. G. (2008). Peningkatan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas IV Pendidikan Guru Sekolah Dasar.