PEMBELAJARAN WANGUN LENGKARA DENGAN MODEL JIGSAW BERBASIS BLENDED LEARNING

Main Article Content

I.G.B.W. Sanjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Wangun Lengkara dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning di kelas XI MIPA 1 SMAN Bali Mandara, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran Wangun Lengkara dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning di kelas XI MIPA 1 SMAN Bali Mandara, dan (3) mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Wangun Lengkara dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning di kelas XI MIPA 1 SMAN Bali Mandara. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri Bali Mandara. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan pembelajaran Wangun Lengkara dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning di kelas XI MIPA 1 SMAN Bali Mandara sudah berjalan dengan lancar. Hasil pembelajaran Wangun Lengkara dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning di kelas XI MIPA 1 SMAN Bali Mandara menunjukkan keseluruhan peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM dengan rerata 88,5. Terdapat beberapa kendala yang dialami dalam merancang pelaksanaan pembelajaran yang berhubungan penggunaan media daring yang tepat dalam pembelajaran jigsaw berbasis blended learning. Pada tahap pelaksanaan dan penilaian tidak ditemukan kendala khusus namun memerlukan perhatian dan catatan pada beberapa hal.

Article Details

Section
Articles

References

Basar, A. M., 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri –Cikarang Barat –Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume Vol. 2 No.1, pp. 208-218.
Christiana, L., 2021. Pemanfaatan Google Jamboard dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, Volume Vol. 1 No. 2, pp. 124-131.
Irawan, D., 2013. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT DENGAN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(1).
Kemdikbud, 2020. Buku Saku Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud Republik Indonesia.
Kurniawan, S. (2021). The Effect of Blended Learning of Student Teams Achievement Division (STAD) and Jigsaw Towards Higher-Order Thinking Skills. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 5(1), 121-133.
Menggo, S., 2020. Pembelajaran Bahasa Abad 21. Ruteng, Unika Santa Paulus.
Nissa, S. F. & Haryanto, A., 2020. Implementasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA : Ikatan Alumni PGSD Unars, Volume Vol.8 No.2, pp. 402-409.
Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., Raibowo, S., & Yarmani, Y. (2021). Blended learning with jigsaw in increasing interest, motivation, and learning outcomes in sports sociology learning. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 26-34.
Nurjanah, S., Daulay, S. & Ansari, K., 2020. The Development of the Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (Arias) Collaborative Jigsaw Collaborative Learning Model in Writing News Text Class 8 Junior High School State 06 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, pp. 583-590.
Onde, M. K. L. O., Aswat, H., Sari, E. R. & Meliza, N., 2021. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, pp. 4400-4406.
Riinawati, 2021. Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume Volume 3, No.6, pp. 3794 - 3801.
Rosidah, A., 2021. LPMP Provinsi DKI Jakarta. [Online]
Available at: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-jamboard-sebagai-media-untuk-pembelajaran-interaktif-selama-pembelajaran-jarak-jauh/
[Accessed 14 Nopember 2021].
Siyamta, 2014. Strategi Blended Learning Flex Model pada Pembelajaran Administrasi Jaringan Komputer untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar. Jinotep: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume Vol. 1, No. 1, pp. 122-130.
Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E. & Sudrajat, Y., 2021. Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, Volume Vol.3 No.1, pp. 15-20.
Tadlaoui, M. A. & Chekour, M., 2021. A blended learning approach for teaching python programming language:. International Journal of Advanced Computer Research, pp. 13-22.
Thomas, P. & Setiaji, K., 2014. E-Learning dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Volume Vol. IX, No.1, pp. 21-40.