PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN MELAJAH.ID TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA

Main Article Content

N.K. Widiastini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada, (2) mengetahui pengaruh penerapan literasi digital dengan memanfaatkan melajah.id siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada. Pemilihan sampel dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar membaca adalah tes pilihan ganda dengan penskoran benar mendapat nilai 1 dan salah mendapat nilai 0. Data hasil belajar membaca siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar membaca siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada adalah 17,61 pada skala sangat tinggi dan 8,9 dengan skala cukup, (2) ada pengaruh penerapan literasi digital dengan memanfaatkan melajah.id siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan thitung sebesar 11,3 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan db = n1 + n2 – 2 adalah 1,67.  Ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung  > ttabel) sehingga   H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil belajar membaca kedua kelompok signifikan. Hasil perhitungan uji-t yang signifikan, menunjukkan ada pengaruh penerapan literasi digital dengan memanfaatkan melajah.id terhadap hasil belajar membaca.

Article Details

Section
Articles

References

Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016).Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. (2016).
kbar, M.F,& Dina, A. . (2017). Teknologi Dalam Pendidikan:Literasi Digital dan Self-Directed Learning. Jurnal Indigenous.
Çakmak, Tolga, et al. (2013). Evaluation of the Open Course Ware Initiatives within the Scope of Digital Literacy Skills: Turkish Open Course Ware Consortium Case” dalam Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Ghofur, A., & Kustijono, R. (2015). No TitlePengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF).
Harjono, H. . (2018). Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
Jones, Rodney H, dan H. C. A. (2012). . Understanding Digital Literacies A Practical Introduction. Oxon: Routledge.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan.Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Nurjanah, E. , Rusmana, A. Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital Dengan Kualitas Penggunaan E Resource Lentera Pustaka 3 (2) pp 117-140.
Panen, P., dkk. (2006). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta.
Piliang, Y. A. (2012). Mayarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yuliana, R. (2017). Pembelajaran Membaca Permulaan dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.