PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PODCAST BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Main Article Content

K. Perayani
I.W. Rasna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak dengan media podcast berbasis project based learning di kelas VII e IPS 1 SMP Negeri 1 Kubutambahan, (2) evaluasi pembelajaran keterampilan menyimak dengan media podcast berbasis project based learning. Objek penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran keterampilan menyimak dengan media podcast berbasis model pembelajaran project based learning. Subjek penelitian ini guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kubutambahan. Rancangan penelitain menggunakan deskripstif kualitatif.Pengumpulan data menggunakan metode (1) observasi,(2) wawancara, (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan sudah sesuai dengan skenario pembelajaran berdasarkan karakteristik model pembelajaran project based learning, namun terdapat hal yang masih luput yaitu kegiatan pertanyaan esensial  yang seharusnya dilakukan pertama sebelum kegiatan lain (2) evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan prinsip model pembelajaran project based learning. Namun ada beberapa yang masih luput dari perhatian guru yaitu petunjuk soal dan rentangan skor pada butir soal.

Article Details

Section
Articles

References

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3263
Bonini. (2015). The Second Age Of Podcasting: Reframing Podcasting As A New Digital Mass Medium (Issues 21–30). Reframing Podcasting As A New Digital Mass Medium. Quaderns Del Cac.
Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.
Made, N., Suranti, Y., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Ii(2), 73–79.
Nur Fatmawati. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. 1(1), 24–44.
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.63.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. In Kencana Persada Media Group 1.
Satria, T. G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas Iv Jakarta Barat. 10(2), 114–120.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Toyib, M., Humaisyi, S., & Muzakki, M. H. (2013). Penggunaan Podcast Dalam (Stad) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Kuliah Listening I Prodi Tadris Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Ponorogo. Kodifikasia, 6(1). Https://Doi.Org/10.21154/Kodifikasia.V6i1.204.
Utari, R. S. (2019). Penerapan Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Di Program Studi Pendidikan Matematika. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Winni Yusra. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(2).
Zellatifanny, C. M. (2020). Trends In Disseminating Audio On Demand Content Through Podcast: An Opportunity And Challenge In Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 117.Https://Doi.Org/10.30818/Jpkm.2020.2050202.