MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA INDONESIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA ERA DIGITAL DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjenis kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran flipped classroom di SMP Negeri 2 Marga. Terdapat masing-masing sepuluh responden dari kelompok peserta didik dan guru. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan teknik analysis interactive. Berdasarkan uraian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran terbalik (flipped classroom) adalah pendekatan pedagogis inovatif yang berfokus pada pengajaran yang berpusat pada peserta didik dengan membalik sistem pembelajaran kelas tradisional yang selama ini dilakukan oleh pengajar. Adapun manfaat penerapan model ini adalah mengubah peran pengajar dan peserta didik dan pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik. Penerapan model flipped classroom di SMP Negeri 2 Marga memiliki dampak positif baik bagi peserta didik maupun bagi guru. Peserta didik dan guru lebih setuju menggunakan model flipped classroom ini dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, penerapan model ini juga memiliki tantangan. Peserta didik memiliki kendala dalam hal mengakses materi-materi pembelajaran, sedangkan guru memiliki kendala dalam hal penggunakan IT.
Article Details
References
Farida, R., Alba, A., Kurniawan, R., & Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 104. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p104--122
Herreid, C. F., & Schiller, N. (2012). Case Studies and the Flipped Classroom View project NAVIGATE Project View project. Article in Journal of College Science Teaching, May 2013. https://www.researchgate.net/publication/306146143
Johnson, G. . (2013). Johnson, G. B. 2013. Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia. The University of British Columbia.
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4), 191–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180
Mas’ud, H., & Surjono, H. D. (2018). The Implementation of Flipped Classroom Learning Model Using Moodle To Increase Studentsâ€TM Higher Order Thinking Skills. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(3), 187–194. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.6521
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Krit. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
McLaughlin, J. E., Roth, M. T., Glatt, D. M., Gharkholonarehe, N., Davidson, C. A., Griffin, L. M., Esserman, D. A., & Mumper, R. J. (2014). (2014). The Flipped Classroom: A Course Redesign to Foster Learning and Engagement in a Health Professions School. Academic Medicine, 89, 236-243,.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Network, F. . (2014). What is flipped learning? The four pillars of FLIP. Flipped Learning Network, 501 (c), 2.
Putra, A. A. (2017). Penerapan model pembelajaran jarak jauh berbasis media google classroom untuk keterampilan menulis. 22–48. http://repository.upi.edu/30204/6/S_PRS_1300589_Chapter3.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.
Yulietri, F., Mulyoto, & S, L. A. (2015). Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning. Teknodika, 13(2), 5–17.