NILAI KEPAHLAWANAN DALAM KUMPULAN CERPEN SURAT CINTA DI PAGI HARI KARYA LUH DE KENCANA WATI

Main Article Content

I.G.A. Pidrawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai kepahlawanan yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen Surat Cinta di Pagi Hari karya Luh De Kencana Wati. Ada sebelas cerpen yang dianalisis dalam buku kumpulan cerpen ini. Tema atau peristiwa yang diangkat dalam buku ini berkaitan dengan pendidikan dan perjuangan di masa pandemi. Peristiwa-peristiwa, pendidikan dan perjuangan, di masa pandemi tentu menghadirkan nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karena itulah, penulis melakukan penelitian berkaitan dengan nilai kepahlawanan dalam kumpulan cerpen Surat Cinta di Pagi Hari karya Luh De Kencana Wati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, rancangan penelitian kualitatif, dan pendekatan analisis sosiologi sastra. Data dikumpulkan dengan metode simak dan analisis deskriptif, dengan menggunakan instrumen berupa catatan dokumentasi. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan, yaitu kata, kalimat, paragraf/wacana yang terdapat pada kumpulan cerpen Surat Cinta di Pagi Hari. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Data yang diambil berupa kata-kata, kalimat, maupun paragraf yang secara tersirat maupun tersurat mengandung nilai kepahlawanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai kepahlawanan yang terdapat pada cerpen-cerpen tersebut yaitu: 1) rela berkorban, 2) peduli, dan 3) berani.

Article Details

Section
Articles

References

Anggriani, D. (2020). Analisis Nilai Pendidikan dalam Buku Antologi Cerpen Gadis Pakarena. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2), 104–114. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i2.13912
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Budianto, M., Priyadi, A. T., & Syam, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Diskusi dengan Teknik Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8645
Kayati, N. (2017). Nilai Kepahlawanan dalam Novel Hanoman karya Pitoyo Amrih Pendekatan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Sastra di SD. Stilistika : Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/.v3i2.83
Lestari, M. L., Arianingsih, A., & Febrianty, F. (2018). Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang Dengan Unsur Intrinsik Dalam Novel Nijuushi No Hitomi. Janaru Saja : Jurnal Program Studi Sastra Jepang, 6(2), 26–35. https://doi.org/10.34010/js.v6i2.579
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Nurhiyasti, M., Yusuf, Y., & Herman, R. (2019). Analisis Nilai Heroik dalam Novel Lolong Anjing di Bulan Karya Arafat Nur. JIM Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 1–10. http://jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/view/20324
Pramidana, I. D. G. A. I. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen “Buut” Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(2), 51–60. https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i2.28067
Rose, Y. (2020). Pahlawan Dimulai dari Diri Sendiri.
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Sari, D. R., Martono, H., & Wartiningsih, A. (2016). Nilai-Nilai Kepahlawanan dalam Novel Aku Bukan Jamilah Karya Robert Juki Ardi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13812
Wahyuni, P. S. I. (2020). Nilai Sosial dalam Cerpen “Titik di Kala Senja” dalam Antologi Cerpen Penjara. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 9, Issue 2). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3544
Wati, L. D. K. (2021). Surat Cinta di Pagi Hari.