TEMA MAYOR DAN TEMA MINOR ANTOLOGI PUISI “SEUNTAI HARAP” KARYA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 DENPASAR

Main Article Content

I.G.A.D.C. Rasmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis unsur tema mayor dalam antologi puisi “Seuntai Harap” Karya peserta didik SMA Negeri 8 Denpasar dan (2) menganalisis tema minor dalam antologi puisi “Seuntai Harap” Karya peserta didik SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini berpijak pada teori, struktural,  puisi, unsur intrinsik, dan ekstrinsik.  Subjek penelitian buku puisi dan objek penelitian tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan atau dokumentasi. Data yang didapatkan dari metode kepustakaan dinalisis dengan teknik deskriptif-analisis.Secara umum antologi puisi ”Seuntai Harap” karya peserta didik SMA Negeri 8 Denpasar mengusung tema cinta dengan berbagai lika-likunya. Bumbu-bumbu jatuh cinta, perpisahan, kesakitan, kehilangan, keberanian, keikhlasan menjadi kesatuan yang padu pada buku antologi puisi ini. Hasil penelitian dari sepuluh puisi yang dianalisis, ditemukan tema mayor yakni kerinduan sedangkan tema minornya ditemukan, , kehilangan, kemerdekaan, dan percintaan, keteguhan, ketabahan, gigih, pekerja keras, tekun, ulet, pahlawan, berani, dan rajin.  

Article Details

Section
Articles

References

Barkah. (2016). Analisis Struktural-Semiotika Pada Makna Puisi Karya Siswa Sd Negeri 1 Mekarharja Banjar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–16.
Budiastuti, W. (2013). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(3), 573–582.
Damanik, E. S. D. (2018). an Analysis of Experiential Meaning in Poetry “William Wordsworth". Loquen: English Studies Journal, 10(2), 81. https://doi.org/10.32678/loquen.v10i2.695
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Fithriani, R. (2021). Poetry Writing in EFL Classrooms: Learning from Indonesian Students’ Strategies. KnE Social Sciences, 59–75. https://doi.org/10.18502/kss.v5i4.8667
Huliatunisa, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30997/dt.v7i2.2847
Irmawati, N. D. (2014). Understanding how to Analyze Poetry and its Implication to Language Teaching Noer Doddy Irmawati, Dr. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL, 2(11), 35–45.
Liberatus Tengsoe Tjahjono. (1988). Apresiasi Sastra Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Literasi, P. (2021). Nyala Penggerak Literasi, Pelita untuk Indonesia.
Pradopo, R. D. (2010). Beberapa Teori Sastra, Metode. dan Penggunaannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, E., Rohmadi, M., & Andayani, A. (2018). Increase Interests and Writing Poetry Skills (Meningkatkan Minat dan Kemampuan Menulis Puisi). Indonesian Language Education and Literature, 3(2), 123. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i2.1575
Rassi, N. M. N., Sudiana, I. N., & Artawan, G. (2021). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 1 , Maret 2021 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 1 , Maret 2021. 10(1), 139–150.
Ratna, N. K. (2005). Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rosmayanti, E., Supriyanto, T., & Sunarso, A. (2019). Developing Poetry Writing Teaching Materials Based on Environment and Local Culture for The Fourth Graders. Journal of Primary Education, 8(4), 25–32.
Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Susanti, A., Mustadi, A., Asnimar, A., & Susiloningsih, E. (2019). The Improvement in Poetry Writing Skills by Using Prezi in the Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 6(1), 92. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i1.14557
Susilowati, D., & Qur’ani, H. B. (2021). Analisis Puisi Tanah Air Karya Muhammad Yamin dengan Pendekatan Struktural. In Jurnal LITERASI (Vol. 5, Issue 1).
Tizhoosh, H. R., Sahba, F., & Dara, R. (2008). Poetic Features for Poem Recognition: A Comparative Study. Journal of Pattern Recognition Research, 3(1), 24–39. https://doi.org/10.13176/11.62
Wiharja, C. K. (2015). the Analysis of the Elements of Poetry in a Poem Sunflower By Pam Stewart. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.26714/lensa.5.1.2015.1-7
Wirawan, G. (2017). Analisis Struktural Antologi Puisi Hujan Lolos di Sela Jari Karya Yudhiswara. In JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.89