PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PEMEROLEHAN DAN PERKEMBANGAN SEMANTIK SERTA SINTAKSIS KANAK-KANAK USIA 2-3 TAHUN

Main Article Content

P.A.H.I. Cahyani
I.M. Sutama
I.P.M. Dewantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efek tayangan BabyBus pada pemerolehan dan perkembangan bahasa kanak-kanak usia 2-3 tahun dari bidang semantik dan sintaksis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kanak-kanak yang berusia 2-3 tahun yakni KG dan NN. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, merekam atau mencatat, dan wawancara terhadap orang tua subjek. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat pengaruh teknologi yang berasal dari tayangan BabyBus. Tayangan BabyBus ini menunjukkan adanya efek bagi pemerolehan dan perkembangan bahasa kanak-kanak baik dari segi semantik dan sintaksis. Efek dari tayangan BabyBus yang diberikan kepada kanak-kanak tidak selalu muncul ketika kanak-kanak menyaksikan tayangan BabyBus, melainkan bisa juga setelah kanak-kanak selesai menyaksikan tayangan tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Abarca, R. M. (2021). 済無No Title No Title No Title. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 13(2), 2013–2015.
Bitu, Y. S. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 153–160. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.204
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.
Governance, L. (2020). J p a l g. 4(2). https://doi.org/10.31002/jpalg.v4i1.23953
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al Athaf, 2(2), 62–69.
Kiftiyah, I. N., Sagita, S., & Ashar, A. B. (2017). Peran Media Youtube sebagai Sarana Optimalisasi Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Prosidi SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 1998, 199–208.
Kurniati, M., & Nuryani, N. (2020). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 29. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494
Nurjamiaty. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau Dari Kontruksi Semantik. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 1–21.
Purnomo, H. (2019). Intervensi Psikologis Pada Pemerolehan Bahasa Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 86. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5486
Saepudin, S. (2018). Teori Linguistik Dan Psikologi Dalam Pembelajaran Bahasa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 100–118. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.738
Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen. Jurnal At-Ta’dibAt-Ta’dib, 8(2), 265–280.
Shafa. (2015). Teori Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurusan Tarbiyah STAIN, 1–9.
Syafroni, R. N. (2016). Panjang Rata-Rata Tuturan Anak Usia 2 Tahun 7 Bulan Dalam Bingkai Teori Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 66–77.
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50.