PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI
Main Article Content
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah siswa belum terampil dalam pelajaran mengidentifikasi teks eksplanasi. Rendahnya minat siswa dalam pelajaran mengidentifikasi teks eksplanasi. Penelitian ini betujuan mendeskripsikan keterampilan mengidentifikasi teks Eksplanasi dengan menggunakan model Take and Give dan Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan mengidentifikasi teks Eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian control-group posttes only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 29 kelas Eksperimen 2 dan 32 orang kelas ekpserimen 2. Data dalam penelitian ini adalah skor mengidentifikasi teks Eksplanasi dengan menggunakan model Take and Give dan Think Pair Share (TPS). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes objektif, setelah itu data dianalisis berdasrkan uji Ttes. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui yaitu Pertama, keterampilan mengidentifikasi teks Eksplanasi dengan menggunakan model Take and Give siswa kelas XI SMA N 1 Painan memperoleh nilai rata-rata 75,11 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, keterampilan mengidentifikasi teks Eksplanasi dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI SMA N 1 Painan memperoleh nilai rata-rata 86,45 dengan kualifikasi baik sekali (BS). Ketiga, dari hasil analisis data yang telah dilakukan terlihat bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk =n1+n2-2 karena thitung > ttabel (5,57>1,67). Dengan kata lain, terdapat perabandingan yang signifikan penggunaan model Take and Give dengan model Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan mengidentifikasi teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 1 Painan.
Article Details
References
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Yrama Widya.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru (A. Jay (ed.); 3rd ed.). Kata Pena.
Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.27
Mahsum. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Rajawali Perss.
Mulyadi, Y., Andriyani, A., & Fajwah, A. M. (2016). Intisari Tata Bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Yrama Widya.
Nasution, I. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika -FKIP UMSU. MES : Journal Matematics Education and Science, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1292
Nurasman, C., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI-IIS Di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(1), 62–70. http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/article/view/5077
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. PT. Bumi Aksara.
Pangestuti, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 135–142. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.782
Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 (PT Bumi Aksara (ed.)).
Raman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2. Prima Edukasia, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wardani, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendiidikan, 2(3), 191–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v2i3.561