https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/issue/feed Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 2024-05-05T16:32:10+08:00 I Wayan Rasna wayanrasna@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bahasa Indonesia bagi masyarakat akademik.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong> &nbsp;Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.23887/jurnal_bahasa sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia akan memiliki nomor DOI yang unik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia pertama kali terbit pada tahun 2012 dan terbit rutin dua kali setahun pada bulan Maret dan Oktober sejak tahun 2018 hingga sekarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEKBRIN) Republik Indonesia yang menduduki peringkat Kelas Lima (Peringkat 5, Sinta 5) dari Volume 9, Nomor 1, 2020 hingga Volume13 , Nomor 2 Tahun 2024 berdasarkan Keputusan No. 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia</strong>&nbsp; mulai tahun 2021 menerbitkan artikel dari terbitan Vol 10 No 1 tentang OJS 3, hal ini disebabkan adanya kesalahan sistem (error) pada OJS 2 yaitu Cut-Off System. Untuk melihat publikasi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 2012-2020<strong> &gt;&gt;&nbsp;<a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/issue/archive">Klik Disini</a></strong></p> <p style="text-align: justify;"><strong>p-ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510888975">&nbsp;2615-7462</a>&nbsp;(cetak) dan e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1510793643">2615-7470</a>&nbsp; (online)</strong></p> https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3110 ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PENJUAL DALAM PERCAKAPAN TRANSAKSI JUAL BELI 2024-05-05T16:31:53+08:00 Nurzabera bera8657@gmail.com A. Malik abdulmalik@umrah.ac.id A. Lolita asrilolita@umrah.ac.id A. Wahyusari hadawahyusari@umrah.ac.id L. Elfitra legielfitra@umrah.ac.id H. Andheska harryandheska@umrah.ac.id <p>Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif perintah penjual dalam percakapan transaksi jual beli di pasar tradisional Bintan Center Tanjungpinang.&nbsp; (2) untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif permintaan penjual dalam percakapan transaksi jual beli di pasar tradisional Bintan Center Tanjungpinang. (3) untuk mendeskripsikan tindak tutur direktif saran penjual dalam percakapan transaksi jual beli di pasar tradisional Bintan Center Tanjungpinang. &nbsp;&nbsp;Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik rekam, teknik simak dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari tindak tutur direktif penjual dalam percakapan transaksi jual beli di pasar tradisional Bintan Center Tanjungpinang yaitu terdapat tindak tutur direktif penjual jenis perintah, permintaan dan saran.</p> 2024-05-05T15:13:53+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3154 ANALISIS MAKNA KATA DAN GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM PANTUN PERKAWINAN MASYARAKAT MELAYU 2024-05-05T16:31:55+08:00 E. Mariani encekmarianii@gmail.com Suhardi suhardi@umrah.ac.id D. Irawan dodyirawan@umrah.ac.id A. Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id A. Malik bdulmalik@umrah.ac.id L. Elfitra egielfitra@gmail.umrah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna kata dan gaya bahasa perbandingan dalam pantun perkawinan masyarakat Melayu Desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, pencatatan, wawancara, dan perekaman. Teknik analisis data dilakukan data memilah atau mengidentifikasikan data untuk memastikan kebenaran pengelompokkan data, mengelompokkan data yang telah diidentifikasi ke dalam pembagian tabel makna kata, mengklasifikasikan data yang telah diidentifikasi ke dalam pembagian tabel gaya bahasa perbandingan, melakukan pemberian kode data seperti yang terdapat pada instrument penelitian yang sudah dijelaskan sebelumnya, menganalisis data yang sebelumnya telah di kelompokkan ke dalam pembagian tabel makna kata, menganalisis data yang sebelumnya telah di kelompokkan ke dalam pembagian tabel gaya bahasa perbandingan, maka langkah selanjutnya menyimpulkan hasil yang didasarkan pada analisis data secara keseluruhan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan makna kata dan gaya bahasa perbandingan dalam pantun perkawinan masyarakat Melayu yang diperoleh adalah berdasarkan data yang telah didapatkan peneliti sebanyak dua puluh tujuh data yang didapatkan dalam dua puluh enam pantun perkawinan. Data tersebut terbagi atas makna kata denotatif sebanyak sembilan data, selanjutnya makna kata konotatif terdapat empat data, dan gaya bahasa perbandingan terdapat empat belas data yang diperoleh. Gaya bahasa yang meliputi parabel, tropen, simbolik, antonomasia, hiperbola, perifrasis, dan metonimia.</p> 2024-05-05T15:25:52+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3164 PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA 2024-05-05T16:31:58+08:00 I. Purnama itapurnamasalenggamlubis@gmail.com A. Malik abdulmalik@umrah.ac.id F. Testy fabioloren@umrah.ac.id L. Elfitra legielfitra@umrah.ac.id Suhardi suhardi@umrah.ac.id D. Irawan dodyirawan@umrah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dikalangan mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia universitas maritim raja ali haji angkatan 2023. Objek penelitian ini adalah tuturan dari prinsip kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu tuturan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2023 Univesitas Maritim Raja Ali Haji, Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dengan dibantu oleh tabel pedoman analisis data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, sadap, simak libat cakap, simak, catat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukan bentuk prinsip kesantunan berbahasa pada maksim kearifan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati dan kesepakatan di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2023 Universitas Maritim Raja Ali Haji. Prinsip kesantunan berbahasa yang paling banyak ditemukan adalah maksim kerarifan dan maksim pujian. Hal ini karena banyak percakapan yang ungkapannya berbentuk sebuah pernyataan yang tidak hormat pada orang lain.</p> 2024-05-05T15:35:58+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3240 UJARAN KEBENCIAN PADA KUMPULAN FILM PENDEK KAJIAN ANALISIS WACANA KRITIS NORMAN FAIRCLOUGH 2024-05-05T16:32:00+08:00 P.O. Vania pingkyvania@gmail.com H. Suaedi hasansuaedi@unmuhjember.ac.id D.M. Citraningrum dina.merdeka@unmuhjember.ac.id <p>Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan bentuk-bentuk ujaran kebencian kemudian diklasifikasi ke dalam analisis wacana kritis. Subjek dalam penelitian ini yaitu kumpulan film pendek yang diproduksi oleh Ravacana Films, Kebudayaan Gunungkidul, dan Dodit Mulyanto dengan penggunaan bahasa Jawa sebagai cara bertutur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan acak dan sesuai permasalahan yang dipaparkan, lalu dilanjutkan menggunakan teknik simak dan catat. Selain itu dilakukan teknik transkip data kemudian dicatat dalam bentuk tulisan. Berdasarkan surat edaran KAPOLRI ada tujuh data dalam ujaran kebencian, yaitu penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi, menghasut, dan penyebaran berita bohong. Ujaran kebencian inilah yang menyebabkan perselisihan yang terjadi satu dengan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk ujaran kebencian berdasarkan wacana kritis Norman Fairclough. Fairclough berpendapat bahwa wacana kritis mengkaji pelecehan, upaya kekuatan sosial, dan ketimpangan yang diproduksi lewat sebuah teks. Fairclough membagi analisis wacana kritis dalam 3 dimensi yaitu level mikro, meso, dan makro. Ketiga dimensi tersebut memiliki keterkaitan yang dapat membentuk sebuah kalimat sehingga teks lebih mudah untuk dipahami dan dianalisis.</p> 2024-05-05T15:43:49+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3314 EFEKTIVITAS PBL BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA 2024-05-05T16:32:02+08:00 E. Santi efitasanti02@gmail.com V. Purnamasari verylianapurnamasari@gmail.com Y.F. Nugraha nugrahayusuf1985@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui apakah model pembelajaran <em>Problem Based Learning (PBL) </em>&nbsp;berbantuan media kartu huruf efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian <em>Pre-Experimental Design (nondesign)</em>. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian menggunakan sampling jenuh (total sampling). Populasi seluruhnya dijadikan sampel, karena jumlah populasi kurang dari 30 sampel. Sampel ini berjumlah 28 anak yaitu seluruh peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02. Peserta didik kelas 1 tersebut terdiri dari 13 peserta didik laku-laki dan 15 peserta didik Perempuan. Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> berdistribusi normal. Dilihat dari nilai sig. <em>pretest</em> 0,133 dan nilai sig. <em>posttest</em> 0,463 yang nilainya &gt; dari α (0,05). Uji hipotesis pertama berupa uji t (<em>Paired sample t-test</em>) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari <em>Lower</em> -37,314 dan <em>Upper</em> -27,829 keduanya bernilai negatif. Nilai <em>sig. (2-tailed)</em> memperlihatkan angka 0,000 yang berarti &lt; 0,05 maka H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima. Simpulannya ialah bahwa model <em>Problem Based Learning </em>(PBL) &nbsp;berbantuan media kartu huruf efektif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas 1 SDN Plamongansari 02.</p> 2024-05-05T16:02:35+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3153 ANALISIS DIKSI DAN CITRAAN DALAM LIRIK LAGU ALBUM “MANUSIA” KARYA TULUS 2024-05-05T16:32:04+08:00 A. Kumalasari arsykumalasari00@gmail.com A. Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id S. Habibah thabibah06@gmail.com <p>Penelitian ini membahas&nbsp; diksi dan citraan yang terdapat dalam <em>lirik lagu</em> <em>album Manusia</em> karya Tulus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diksi dan citraan dalam <em>lirik lagu</em> <em>album Manusia</em> karya Tulus. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskritif. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat yang terdapat dalam <em>lirik lagu</em> <em>album Manusia</em> karya Tulus. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan&nbsp; data penelitian yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik membedah atau menguraikan dengan mengklasifikasikan, membuat kode, mengidentifikasikan, dan memaparkan analisis data. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat diksi dan citraan yang terdapat dalam <em>lirik lagu</em> <em>album Manusia</em> karya Tulus berupa makna denotasi dan konotasi yang meliputi citraan visual, citraan auditif, citraan gerak, dan citraan rabaan dan penciuman. Bentuk diksi dan citraan yang di analisis adalah sepuluh lagu dalam <em>lirik lagu album Manusia </em>&nbsp;yang berjudul hati-hati di jalan, diri, tujuh belas,interaksi, ingkar, kelana, satu kali, remedi, jatuh suka, dan nata.</p> 2024-05-05T16:09:18+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3161 ANALISIS GAYA BAHASA PRODUK KECANTIKAN DI TIKTOK OKTOBER 2023 2024-05-05T16:32:06+08:00 S. Nurhafizhah sittinurhafizhah28@gmail.com D. Irawan dodyirawan@umrah.ac.id T. Kurmalasari teti@umrah.ac.id A. Wahyusari ahadawahyusari@umrah.ac.id A. Malik abdulmalik@umrah.ac.id Zaitun zaitun@umrah.ac.id <p>Penelitian ini membahas gaya bahasa di produk kecantikan di <em>Tiktok.</em> Gaya bahasa yang terdapat pada iklan produk kecantikan di <em>Tiktok</em> yaitu Scarlett, Garnier, Originote, Animate, dan Emina. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan jenis penelitian deskriptif karena peneliti ingin mendeskripsikan jeni-jenis gaya bahasa yang terdapat iklan produk kecantikan, dengan teknik yang gunakan adalah teknik kualitatif karena data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis berupa iklan produk kecantikan, peneliti mengkelompokkan dan menganalisis iklan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa yang ada pada dua puluh lima iklan kecantikan yang diperoleh. Berdasarkan data yang telah dipaparkan peneliti mendapatkan tiga puluh tiga data. data tersebut terbagi atas gaya bahasa perulangan dua puluh dua, gaya bahasa pertentangan enam, gaya bahasa pertautan lima, dan gaya bahasa perbandingan satu data yang diperoleh.</p> 2024-05-05T16:23:26+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3315 ANALISIS PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM PENINGKATAN MINAT BACA SISWA 2024-05-05T16:32:08+08:00 D.F. Jasmine erizadiva23@upi.edu C. Sunaengsih cucunsunaengsih@upi.edu A.A. Syahid syahid@upi.edu <p>Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu seberapa besar peran program budaya literasi pada minat membaca di SD. &nbsp;Program budaya literasi merupakan program untuk meningkatkan minat baca pada siswa seperti program klinik membaca dan sudut baca yang akan ditelti implikasinya dalam meningkatkan minat baca siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Siswa sebagai subjek penelitian akan dilteliti dengan cara observasi dan guru akan diwawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa, kepala sekolah dan guru kelas satu sampai 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya literasi dapat meningkatkan minat siswa untuk membaca melalui program klinik membaca dan sudut baca. Pelaksanaan program klinik membaca dan sudut baca menjadi semakin efektif apabila guru memberikan dorongan penuh terhadap siswa untuk mengikuti program klinik memabac dan sudut baca. Dukungan dari guru dan orang tua/wali murid untuk meningkatkan minat baca juga dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk membaca. Dengan penelitian ini, diharapkan para pembaca akan terinspirasi untuk mengikuti langkah-langkah yang diambil oleh SD Negeri 2 Sutawinangun untuk meningkatkan minat membaca melalui budaya literasi.</p> 2024-05-05T16:30:37+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia