HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan menulis teks laporan hasil obervasi memiliki urgensi sebagai salah satu keterampilan yang perlu dipelajari karena dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam menuangkan hasil pengamatan ke dalam tulisan ilmiah, baku, dan terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) hubungan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, dan (3) hubungan secara bersama-sama antara penguasaan kosakata dan motivasi belajar dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII MTs Negeri 5 Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (metode penelitian survei). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII MTs Negeri 5 Boyolali tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 77 responden yang diambil dari 45% keseluruhan populasi yaitu 170 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Setiap instrumen penelitian diuji coba menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan hasil uji signifikan sebesar 8,63, hasil korelasi sebesar 0,32, dan hasil kontribusi sebesar 10,35%, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi baca dengan keterampilan menulis puisi dengan hasil uji signifikan sebesar 24,42, hasil korelasi sebesar 0,27, dan hasil kontribusi sebesar 7,29%, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan kosa kata dan motivasi baca dengan keterampilan menulis puisi dengan hasil uji signifikan sebesar 7,69 hasil korelasi sebesar 0,41, dan hasil kontribusi sebesar 17,21%.
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Rineka Cipta.
Atmojo, T. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Laporan Pengamatan Melalui Pendekatan Kontekstual. Journal of Elementary Education, 2(1), 67-72. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2087
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi, N., Suandi, I., & Sudiana, I. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Sikap Bahasa, dan Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 9(1), 1–12. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3295
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK (Y. Mulyadi (ed.); 1st ed.). Yrama Widya.
Kuswandari, A. H. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Membaca dengan Keterampilan Menulis Laporan Hasil Observasi pada Siswa Keas VIII SMP Negeri di Kota Surakarta (Issue April) [Universitas Sebelas Maret Surakarta]. https://doi.org/generic.eprints.org:25898/core478
Mutiara, I. R. (2013). E-Modul Bahasa Indonesia Kelas X (A. Susanto & dkk (eds.)). Direktorat pembinaan SMA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurgiantoro, B. (2011). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). BPFE-Yogyakarta.
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif: Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini. (P. Christian (ed.)). Andi Yogyakarta.
Puspita, C. A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kontesktual Berbasis Media Animasi Stop Motion dan penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Banjarnegara [Universitas Sebelas Maret Surakarta].
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (22nd ed.). RajaGrafindo Persada.
Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3) 446–453. https://doi.org/10.24036/100769-019883
Sinaga, S. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Pada materi Teks laporan hasil Observasi di Kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pengajaran, 1(1), 60–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v1i2.5355
Sugiyo. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII SMP Materi Dei Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sasindo Unpam, 3(2), 72–86. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v3i2.72-86
Sugiyono. (2021). Statistik Untuk Penelitian (31st ed.). CV Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa (revisi). Angkasa.
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran Kosakata (revisi). Angkasa.
Tawakkal, M. I. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI MTS Al-Attanwir Bojonegoro Tahun Ajaran 2020/2021. Journal Of Education and Couseling, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.32665/jec.v3i2.354
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Walef, S. M. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kecamatan Suliki Gunung Mas. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 13(5), 148-153. https://doi.org/2528-7613
Wirdianni, A. (2015). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Negeri padang.
Yulia, R., Rahmi, A., & Samsiarni. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.939
Zulni, N., Sartika, R., & Septia, E. (2022). Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.998