PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Youtube adalah jaringan media sosial yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini. Tidak ada yang tidak mengenal Youtube. Keberadaanya saat ini bagaikan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Dalam konteks pembelajaran, Youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Hal ini disinyalir media Youtube dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media Youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring pembelajaran bahasa Indonesia, dan (2) Memaparkan kelemahan dan keunggulan Youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring bahasa Indonesia. Melalui pendekatan secara kualitatif akan menghasilkan penelitian yang akurat serta bersumber pada data-data primer dan sekunder yang kemudian dianalisis melalui pendekatan deskriptif dan disajikan dalam bentuk narasi. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Marga. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring berperan positif secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar serta motivasi belajar siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian: Pengertian & Jenis menurut Para Ahli. Serupa.Id. https://serupa.id/metode-penelitian/
Litalia. (2022). Pengertian Youtube, Manfaat dan Fitur-fitur Menarik di Youtube. JurnalPonsel.Com. https://www.jurnalponsel.com/pengertian-youtube-manfaat-dan-fitur-fitur-menarik-di-youtube/
Madyananda, U., & Yaryati, U. (2017). Nilai Pendidikan Novel Padang Bulan serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 63. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.248
Maress, B. (2022). Teori Reward dan Punishment Dalam Psikologi Pendidikan. DosenPsikologi.Com. https://dosenpsikologi.com/teori-reward-dan-punishment-dalam-psikologi
Hidayatullah, M.S.R. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Http://Karya-Ilmiah.Um.Ac.Id/. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/HKn/article/view/78560/0
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id.
Nugroho, T. (2014). Pendekatan Scientific, Model, Dan Strategi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Lingua Franca, 8, 797–808.
Olsson, J. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Sogen, P. (2021). Prosiding Seminar Nasional “Penggunaan Media Pembelajaran Digital yang Inovatif pada Pembelajaran Fisika di SMAK Kesuma Mataram dalam Masa Pandemi Covid-19” Yogyakarta, 28 Agustus 2021 Penggunaan Media Pembelajaran Digital yang Inovatif pada Pembelajaran Fisika di SMAK Kesuma Mataram dalam Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 112–121. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10824
Pranowo, P., & Susanti, R. (2020). Strata Sosial Masyarakat Jawa Sebagai Bahasa Nonverbal Statis : Kajian Etnopragmatik. Aksara, 32(1), 135–150. https://doi.org/10.29255/aksara.v32i1.548.135-150
Setyawan, I. A. (2020). Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri Kelebihan Kekurangan dan Langkah Lengkapnya. Gurudigital.Id. https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihan-kekurangan-langkah/
Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356