Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dan Prokrastinasi Akademik Siswa
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between parental social support and academic procrastination. Participants are high school students with a total of 54 people. Data was collected using a parental social support scale consisting of 34 items and an academic procrastination scale consisting of 33 items and both of them had met the requirements of good reliability. Analysis of the data used is the product moment correlation technique from Pearson. The results of this study found that the correlation coefficient was -0.675 with a significance value of 0.000 (p <0.05), meaning that there was a significant negative relationship between parental social support and academic procrastination, which means that the higher parental social support, the lower academic procrastination. and conversely, the lower the social support of parents, the higher the academic procrastination. Through this research, it is expected that high school students can maintain punctuality in doing assignments. As for those who still procrastinate, so that procrastination can be reduced, students are expected to pay more attention and as much as possible avoid things that cause procrastination.
Abstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik. Peserta merupakan siswa SMA dengan jumlah 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan skala dukungan sosial orang tua yang terdiri dari 34 item dan skala prokrastinasi akademik yang terdiri dari 33 item dan keduanya telah memenuhi syarat reliabilitas yang baik. Analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0,675 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik yang artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua, semakin rendah prokrastinasi akademik. dan sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi pula prokrastinasi akademiknya. Melalui penelitian ini diharapkan siswa SMA dapat menjaga ketepatan waktu dalam mengerjakan tugas. Adapun bagi yang masih suka menunda-nunda, agar sikap menunda-nunda dapat dikurangi, mahasiswa diharapkan lebih memperhatikan dan sebisa mungkin menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dewi, W. A. K., & Psi, S. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa.
Donald, E., Kartono, L., & Richard, H. (1996). Borrower risk signaling using loan-to-value ratios. Journal of Real Estate Research, 11(1), 71-86.
Ferrari, J. R., et al. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. New York & London : Plenum Press
Fibrianti, I. D. (2009). Hubungan dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik dalam mengerjakan skripsi. Fakultas Psikologi Undip.
Fitri, A., Bardi, S., & Abdi, A. W. (2019). Hubungan motivasi berprestasi dan dukungan sosial orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa jurusan pendidikan geografi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 4(1).
Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orangtua dengan prokrastinasi akademik.
Jannah, M., dan Dr. Tamsil Muis. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, (Online).
Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19-26.
Kendall, P. C., & Hammen, C. (1998). Abnornal Psychology : Understanding Human Problems Second Edition. Boston : Houghton Miffin Companies.
Kuntjoro. (2002). Dukungan sosial pada lansia. [on-line] http://www.epsi kologi.com/ epsi/ lanjutusia_detail. asp?id=183/. diakses pada tanggal 5 desember 2011
Levitt, M. J., Webber, R. A., & Grucci, N. (1983). Conveys of social support: Integrational analysis. Journal of Psychology Aging, 4(3), 117-130.
Nabilla, A. P. (2019). Penggunaan Pendekatan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Cinema Therapy Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Puspitasari, Y.P., Z. Abidin., & D.R. Sawitri. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Naskah Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro
Putri, D.L. (2015). Hubungan antara dukungan sosial oang tua dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas kristen satya wacana salatiga. Skripsi : Universitas Kristen Satya Wacana.
Rice, F. P. (1993). The Adolescent: Development, Relationship, and Culture Seventh Edition. Boston: Allyn & Bacon
Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology. New York: Biopsychology Interaction
Schouwenburg, Hendri C, PhD. (2005). On Conselling the Prokrastinator in Academic Setting. Fedora Psyche Conference in Groningen.
Shigenaga, Y., Chen, I. C., Suemune, S., Nishimori, T., Nasution, I. D., Yoshida, A., & Hosoi, M. (1986). Oral and facial representation within the medullary and upper cervical dorsal horns in the cat. Journal of Comparative Neurology, 243(3), 388-408.
Sholihin, Indarto Tri. M. (2019). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi pengerjaan skripsi pada masiswa fakultas psikologi. Skripsi : Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Grasindo
Sriwigati, T., Widyastuti, D. A., & Muhliawati, Y. (2020). Upaya mereduksi prokrastinasi akademik melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi bagi peserta didik kelas XII APHP B SMK Negeri 1 Wanayasa.
Stansfeld, S. (2002). Social support measurement and intervention: A guide for health and social scientists. International Journal of Epidemiology, 31(3), 698–698
Tice, D. M, & Baumeister, R. F. (1997). Longitudinal study of procrastination, performance, and health : costs and benefit of dawdling. Psychological Science, 8(6) 454-458
Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (Online), tersedia: http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/marwah/article/dow nload/511/491., diakses 15 Januari 2017.
Westri, P. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Diskusi Melalui Pendekatan Konseling Behavioristik Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Tasikmadu Tahun Pelajaran 2016/2017.
Widiantoro, Luhur (2019) Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Prokrastinasi dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20601.