Implementasi Prinsip Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Sutirna
Haerudin
Kamal Prihandani

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of the principle of guidance and counseling services in learning mathematics as a solution to the low learning outcomes of mathematics that have occurred so far. The instrument used was a written test in the form of multiple choice, and to strengthen the results of the study it was connected with the results of interviews with students and learning observation assessment sheets by mathematics teachers as observers. The results showed that the positive direction of the simple linear regression equation, namely Y = 2.019 + 0.901 X, so that the hypothesis test had a significant effect on the treatment given to student learning outcomes as indicated by the percentage increase in learning outcomes. Implementation of the principles of integrated guidance and counseling services in the implementation of the teaching and learning process is very effective, because the learning atmosphere will be warmer, hormonal, and encouraging so that student learning outcomes, student perceptions of the subject and teacher and high student motivation to learn will be created. 


 


Abstrak


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi prinsip layanan bimbingan dan konseling dalam pembelajaran matematika sebagai solusi menjawab rendahnya hasil belajar matematika selama ini yang terjadi. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan banyak, dan untuk memperkuat hasil penelitian dihubungkan dengan hasil wawancara dengan peserta didik dan lembar penilaian observasi pembelajaran oleh para guru matematika sebagai observer. Hasil penelitian diperoleh bahwa arah positif persamaan regresi linear sederhana, yaitu Y = 2,019 + 0,901 X, sehingga uji hipotesis pengaruhnya signifikan dari perlakuan yang diberikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya persentase kenaikan hasil belajar. Implementas prinsip layanan bimbingan dan konseling yang terintegrasi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sangat efektif, karena suasana pembelajaran akan lebih hangat, hormonis, dan menggembirakan sehingga hasil belajar peserta, persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran maupun gurunya serta motivasi peserta didik yang tinggi untuk belajar akan tercipta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Haerudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Kamal Prihandani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Teknik Informatika Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Adhetya Cahyani, D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. https://journal.ptik.ac.id
Amalia, P. (2021). Adaptasi Kuliah di Masa Pandemi. https://www.youtube.com/watch?v=QhydRwi87ks
Ardilla, A., & Artanto, S. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS ISKANDAR MUDA BATAM. Phytagoras, 6(2), 175–186. https://doi.org/ISSN 23015314
Barnett Berry, A. a. (2011). Teaching 2030 (What We Do for Our Students and Our Public Schools) (1st ed.). Teachers College Columbia University.
Briliannur, Dwi, C. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Pendidikan Sekolah DasarJurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. htpps://ummaspul.e-journal.id
Canvied, J., & Hansen, M. V. (2004). Chicken Soup for The Teacher’s Soul (R. Buntaran (ed.); Alih Bahas). Gramedia.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1993). How To Design and Evaluate Research (S. H. Gillams (ed.); 2nd ed.). McGraw-Hill. INC.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/viewFile/1096/754
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. http://perpus.tasikmalayakab.go.id/opac/detail-opac?id=3619
Hill, H. C., & Ball, D. L. (2004). Learning Mathematics for Teaching: Results from MPDIs (California’s Mathematics Professional Development Institute). Journal for Research in Mathematics Education, 35(5), 330–352. https://www.jstor.org/stable/30034819
Mahmudi, A. (2011). Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 75–81. https://eprints.uny.ac.id/7175/1/PM-10 - Ali Mahmudi.pdf
Nabilah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA, 659–633. https://journal.unsika.ac.id
Prayitno. (2003). Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Depdiknas Dirjen Dikdasmen.
Prayitno. (2008). Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Renika Cipta.
Putriana, C., & Noor, N. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1642
Rosyada, D. (2015). Student Center Learning (SCL). http://dederosyada.lec.uinjkt.ac.id/reviews/studentcenteredlearning
Ruseffedi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA: Perkembangan Komptensi Guru (Edisi Revi). Tarsito.
Sutirna. (2013). Bimbingan dan Konseing (Pendidikan Formal, Nonformal dan Informal). Andy Offset.
Sutirna. (2018). Inovasi Pembelajaran Media untuk Menghentikan Siswa Menjadi Jenuh dan Bosan (Penelitian Survey di Lingkungan Guru Se Komisariat Telukjambe Karawang).
Sutirna. (2020). Subject teachers’ perceptions of academic mentoring and counseling services. COUNS-EDU •The International Journal of Counseling and Education, 4(4), 129–133. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.23916/0020190423040
Sutirna. (2021). Bimbingan dan Konseling (Bagi Guru dan Calon Guru Mata Pelajaran) (Pertama). Deepublish (CV. Budi Utama). https://books.google.co.id/books/about/Bimbingan_Dan_Konseling_Bagi_Guru_Dan_Ca.html?id=kXskEAAAQBAJ&redir_esc=y
Sutirna, Haerudin, & Kamal Prihandani. (2022). FGD Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru-Guru Matematika. DIKMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 1–16. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1116/799
Suyanti, S. (2010). penerapan pendekatan pembelajaran Tutorial dibandingkan pendekatan struktural NHT pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Http://Eprint.Ums.Ac.Id. http://eprint.ums.ac.id