Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Main Article Content

Kadek Widiadnyani
Kadek Suranata
Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri

Abstract

This research was conducted to develop and test the effectiveness of group guidance guides with self-management techniques to improve the learning discipline of junior high school students
State 6 Singaraja. This study involved 3 experts and 2 practitioners in the field of guidance and counseling whose job was to test the effectiveness. Research data was collected through a questionnaire which was analyzed using the Content Validity Ratio (CVR) Content Validity Index (CVI), product moment, Cronbach alpha and t-test formulas. The results of the CVR analysis showed that all statements of the questionnaire items were accepted and scored CVI 1 in the very good category. The guide effectiveness test was conducted on 10 seventh grade students of SMP Negeri 6 Singaraja using an experimental design for the control group and the experimental group. The results of the instrument reliability test showed a very high reliability value and the results of the Cronbach alpha coefficient test obtained very reliable or very strong results, and the t-test results showed a significance value. Based on this, it can be concluded that the development of group guidance guidebooks with self-management techniques is effective for improving student learning discipline at SMP Negeri 6 Singaraja.


 


Abstrak


Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas panduan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini melibatkan 3 ahli dan 2 praktisi di bidang bimbingan dan konseling yang bertugas untuk menguji efektivitas. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis dengan rumus Content Validity Ratio (CVR) Content Validity Index (CVI), product moment, cronbach alpha dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan bahwa seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI 1 pada kategori yang sangat baik, Uji efektivitas pemandu dilakukan kepada 10 siswa kelas tujuh SMP Negeri 6 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji reliabilitas instrumen menunjukkan nilai reliabilitas yang sangat tinggi dan hasil uji koefisien alfa Cronbach memperoleh hasil sangat andal atau sangat kuat, dan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMP Negeri 6 Singaraja.

Article Details

Section
Articles

References

Andrianie, S. (2013). Pengembangan Media Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Landasan Hidup Religius Bagi Siswa SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. (2016). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Penerbit Afabeta.
Pandang, A. & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Konseling Konsep Dasar Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: BK FIP. Santyasa,
I. W. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. In Undiksha pers.
Smith, Mardiah. (2011). Pengaruh Layanan Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol 8.No 1. 22-32
Isnaini, F. (2014). Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar
Rahmawati, G. A. (2019). Efektifitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X TPM SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019
Titin Indah Pratiwi Nikmatus Sholihah, Retno Tri Hastuti, Denok Setiawati, “Penerapan Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa YPAC Surabaya,” Jurnal BK Unesa 3 (2013): h. 4.
Nurdjana Alamri, “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015),” JurnalKonseling GUSJIGANG 1, no. 1 (2015): h. 2.
Faiqotul Isnaini, “Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar,” Jurnal Penelitian Humaniora 16, no. 2 (2015): h. 35.
McLeod, j. (2010). Pengantar Konseling Teori & Studi Kasus (3 ed.). Prenada Media Group
Naraswari, I. A. M. D., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 9. https://doi.org/10.15294/ ijgc.v9i1.38806.
Isnaini tahun 2014 tentang strategiselfmanagement untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMPNegeri Ceria di Margoyoso.
Murdy pada tahun 2014 tentang “efektifitas teknik self-management untuk mengurangi pelanggaran tata tertib di sekolah”. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII C SMP MuhammadiyahMagelang
Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259.
Neitzel (dalam Rahmawati, 2019) teknik Self Management digunakan untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa.
Asim, T. M. (2016). Pengaruh Bimbingan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 105-112.
Komalasari, G. dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks Barida, M., Prasetiawan, H., & Muarifah, A. (2019). The Development of Self-Management Technique for Improving Students’ Moral Intelligence. International Journal of Educational Research Review, 10.