Pengembangan Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Antarpribadi

Main Article Content

Maria Fatima Selenda
I Ketut Gading
Kadek Ari Dwiarwati

Abstract

This study was aimed to determine the prototype, acceptability, and effectiveness of classical guidance service tools to improve interpersonal communication skills of vocational students. This device is a guideline for guidance and counseling teachers in providing counseling services in schools. By using the 4-D development research procedure proposed by Thiagarajan, then an acceptability assessment of the device was carried out by 5 experts in the field of guidance and counseling. The 47-point assessment instrument for each device, namely: (RPL, Materials, Media, LKPD and evaluation tools) refers to the acceptability of the device. The validity analysis uses the Content Validity Ratio (CVR) calculation formulation from Lawse, which shows the content validity (CVI) of 0.7-1 and is categorized as very good or special. This shows that the classical guidance service tool developed has met the eligibility criteria. The effectiveness test involved 50 students in the experimental class and 25 in the control class. This study uses a control group pre-test, post-test design method. The effectiveness test using the t test states that the development of classical guidance service tools is effective for improving interpersonal communication skills.


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui prototype, keberterimaan, dan efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa SMK. Perangkat ini adalah pedoman bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan konseling disekolah. Dengan menggunakan prosedur penelitian pengembangan 4-D yang dikemukan oleh Thiagarajan, kemudian dilakukan penilian keberterimaan perangkat dinilai oleh 5 pakar dalam bidang bimbingan dan konseling. Instrumen penilian 47 butir dari masing-masing perangkat, yakni: (RPL,Materi, Media, LKPD dan Alat evaluasi) mengacu pada keberterimaan perankat. Analisis validitas menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio(CVR) dari Lawse, yang menunjukan validitas isi (CVI) sebesar 0,7-1 dan dikategorikan sangat baik atau istimewa. Hal ini menunjukan bahwa perangkat layanan bimbingan klasikal yang dikembangkan telah memeuhi kriteria kelayakan. Uji efektivitas melibatkan 50 siswa 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas control. Penelitian ini menggunakan metode control group pre-test, post-test design. Uji efektivitas menggunakan uji t menyatakan bahwa pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi.


 

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, D. A., Zen, E. F., & Fauzan, L. (2021). Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contract untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 162–169. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p162-169
Barseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2019). The concept of student interpersonal communication. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 129-134.
Christiani, L. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Viii Smp Santo Aloysius Turi Tahun Ajaran 2016/2017 Dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan Pribadi-Sosial Skripsi.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Press.
Devito.J, (2011). Komunikasi Antar Manusia. Edisi Kelima. Jakarta: Profesional Books
Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama.
Lesmana, G. (2021). Penyusunan Perangkat Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Kencana.
Laswhe, H, C. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28, 563–578. https://doi.org/10.3412/jsb.16.926
Naraswari, I. A. M. D., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk Mening- katkan Self Esteem Siswa SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. 9(1).
Ramil, R., & Dkk. (2017). Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bimbingan Dan Konseling. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 2017, 1–20.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (21st ed.). Bandung.
Thiagarajan, S., 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.