Pengembangan Konseling Trait and Factor Dengan Teknik Modeling Untuk Mengoptimalkan Kematangan Karir Peserta Didik SMA

Main Article Content

Ni Nyoman Pradnyasari Putri
Ni Ketut Suarni
I Ketut Dharsana

Abstract

This current study aimed at creating guide book focused on guidance and based on 4D developmental model, which consists of  (1) Defining Phase, (2) Design Phase, (3) Development Phase, (4) Deployment Phase. By creating this guidance, this product is able to facilitate and guide the Counseling teacher to conduct some carrier guidance services in school. In this research and development research, 3 Counseling Guidance Lecturers of FIP Undiksha and 2 Counseling Guidance Teachers at SMA Dwijendra Denpasar were involved. Before the book is distributed, the book required effectiveness test by involving 10 students as subjects. Based on the use of 22 instrument items that were tested on the validity test, the result revealed the entire instruments had good validity. Based on this assessment, it was found that the content validity index (CVI) of the guidebook was categorized as very suitable. The conduct of content validity index assessment is crucial to do because it determines the suitability for the use. Thus, the hypothesis testing revealed the Counseling Book with a tcount of 3.977 with a significance level of 0.05 and an ES value of 1.257 which is categorized in the high ES category.


 


Abstrak:


Melalui penelitian pengembangan ini, dibuatlajh sebuah buku panduan yang dikhusukan untuk para guru konseling agar dapat memfasiliasi guru dalam peningkatan layanan bimbingan kariri di sekolah. Dalam proses pengembangannya, model 4D digunakan, dimana model ini terdiri dari 4 tahap yaitu  (1)   Tahap Pendefinisian,(2) Tahap Perancangan, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Penyebaran. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 5 orang ahli yang berkecimpung didunia layanan konseling yang terdiri dari 3 orang dosen bimbingan konseling dan 2 orang guru konseling. Sedangkan, pengujian efektifitas produk dilakukan dengan melibatkan 10 orang siswa sebagai subjek. Sebanyak 22 butir instrument yang diuji, buku panduan memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat sesuai. Dilakukannya penilaian indeks validitas isi terhadap buku  panduan  konseling adalah sangat krusial perannya demi mengetahui kelayakkan buku atau produk yang diciptakan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Implementasi Buku Panduan Konseling dengan thitung 3,977 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES= 1,257 yang termasuk kategori ES tinggi.


 

Article Details

Section
Articles

References

Basri, N. A., Darminto, E., & Wiryosutomo, H. W. (2021). Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Karier dengan Teori Trait and Factor. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 35. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.396
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Press.
Dantes, N. (2017). Evaluasi dan Assesmen Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Dharsana, K., Suranata, K., & Ardana, I. N. S. (2014). Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–10.
Sudjani. (2012). Model Konseling Karir Trait And Factor Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Smkn Di Kota Bandung.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Ulfach, S. (2019). Pengaruh Bimbingan Karir Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan.