Pengaruh Model Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management dalam Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik

Main Article Content

Anggita Yohana Fransika Purba
Ni Ketut Suarni
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

This research was conducted to determine the effectiveness of Behavioral counseling services with Self-Management techniques to overcome the truancy behavior of eighth grade students of SMP Negeri 6 Singaraja.” The location of the research was SMP Negeri 6 Singaraja, class VIII 3 with a total of 8 students at SMP Negeri 6 Singaraja. The method used in this research is experimental. Sampling using purposive sampling technique. Collecting data using a truant behavior questionnaire. The data analysis technique used parametric statistical analysis, namely by using the Paired-Sample T-Test test with the help of the SPSS for windows version 16.00 program. This research method aims to determine the effect of individual counseling through a behavioral approach with self-management techniques in overcoming the behavior of truant students. In this research, experimental design is used. "Why is it because there are still external variables that also influence the formation of the dependent variable, so the experimental results which are the dependent variable are solely influenced by the independent variable, this can happen, because there is no control variable, and the sample is not chosen randomly". The research design used was “one group pretest-posttest (The One Group Pretest-Posttest). This study focuses on the effectiveness of Behavioral counseling services with Self-Management techniques to overcome the truancy behavior of students with the data collection technique used, namely questionnaires.


 


Abstrak:


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas layanan konseling Behavioral Dengan teknik Self-Management untuk mengatasi perilaku membolos peserta didik kelas VIII Smp Negeri 6 Singaraja.” Lokasi penelitian dilakukan Smp Negeri 6 Singaraja, kelas VIII 3 sejumlah 8 peserta didik di SMP Negeri 6 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket perilaku membolos. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji Paired-Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 16.00. Metode penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling individual melalui pendekatan behavioral dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku siswa membolos. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah Eksperimental Design. “Mengapa karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen, jadi hasil eksperimen yang merupakan variabel dependen itu semata-mata dipengaruhi oleh variabel independen, hal ini dapat terjadi, karena tidak adanya variabel control , dan sampel tidak dipilih secara random”. Desain penelitian yang digunakan adalah “satu kelompok prates-postes (The One Group Pretest-Posttest). Dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan layanan konseling Behavioral dengan teknik Self-Management untuk mengatasi Perilaku membolos peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket.

Article Details

Section
Articles

References

Anggi I, dkk, 2014.(Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasikan Perilaku Membolos Pada Siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawah Tahun Ajaran 2013/2014), ejournale-jurnal Undiksha Jurusan Bimbingan konseling, Volume: 2 No 1.
Anwar S.2014.” Pemahaman Individu”, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2014), h. 70
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis,(Bandung: Rineka Cipta, 2002).
Burhan B, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2015).
Blog MPP UGM Pendidik (http://wecareeducation.wordpress.com/2007/02/16/review-artikel-jurnalapproaches-to-truancy-prevention-2002//) ,
Dewa K, dkk, Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah, (PT Rineka Cipta, Jakarta, 2008)
Dewa K, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, ( PT Rineka Cipta, Jakarta, 2002)
Etta M, Metodologi Penelitian,( Yogyakarta : ANDI Yogyakarta, 2010 )
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)
Fatmaisyah ( http://eprints.ums.ac.id/24338/2/BAB_I.pdf )
Gantina, Komalasari, Teori dan Teknik Konseling, (PT.Indeks, Jakarta), 2011.
Hartono, Boy Soedarmadji, Psikologi Konseling (Jakarta: Kencana Prenanda Media Group ) Hadiwinarto, Psikologi Teori dan Pengukuran (Bengkulu: Rahman Rahim )
Haris Handoko,(Mengatasi Perilaku Membolos melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management) Pada Siswa Kelas X TKJ SMK BINA NUSANTARA UNGARAN Tahun Ajaran 2013), Jurnal Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang 2013,h. 14-15
Lexy J. Moeleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001)
Neni A (Upaya Mengurangi kebiasaan Buruk Dalam Membolos dan Mencontek Dengan Layanan bimbingan Kelompok Siswa), Jurnal Konseling dan Pendidikan http://jurnal.konselingindonesia.com Vol. 2 No. 2, Juni 2014. hlm. 5-6 © 2013 Indonesian Institute for Counseling and 12 Education (IICE) Multikarya Kons.
Marliani, IW Suasta… - … Seminar Nasional IAHN …, 2021 - prosiding.iahntp.ac.id
Supriatna Mamat, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013)
Prayitno, Erma A, Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling, (PT Rineka Cipta, Jakarta, 2013 )
Sarwono W. Sarlito, Psikologi Remaja, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Suarni, N. (2004). Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Umum di Bali Dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates. Desertasi, 62-73.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&B ( Bandung, Alfabeta, 2008 )
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, ( Rajawali Pers, Jakarta, 2011)
Yusuf Gunawan, Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004)
Zainal Aqib, Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah,( Bandung: Yrama Widya, 2012)