Pengembangan Buku Panduan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Self Afiliasi Pada Siswa SMP

Main Article Content

Annisa Rizkika Usemahu
Nyoman Dantes
I Ketut Dharsana

Abstract

This study aims to develop and test the acceptability of behavioral counseling theory guidebooks to increase self-affiliation in junior high school students. This type of research includes research and development (Research & Development). This handbook created is an instrument for BK teachers in providing guidance and counseling services in schools. The development procedure in this study uses the 4D development model proposed by Thiagarajan (1974). The data analysis method used is the Content Validity Ratio (CVR) from Lawshe (1975) which involves 5 experts/practitioners of counseling guidance (BK) consisting of 3 Undiksha Counseling Guidance lecturers and 2 junior high school counseling guidance teachers, to assess content validity. ) guidebook. To test the acceptability of the manual, 10 BK teachers were used as assessors. To test the effectiveness, 7 students were involved as test subjects for the effectiveness of the developed guide. Based on the results of data analysis, it was found that the behavioral counseling theory guidebook with sociodrama techniques had good validity in each item. The acceptance test of the manual shows a scale value of 3.74 which is included in category B (Good). Testing the effectiveness of the implementation of behavioral counseling theory guidebooks with sociodrama techniques to increase ' self-affiliation students tcount = 6358 with a significance level of < 0.05 and ES (effectiveness) value = 2,416 which was included in the high ES category. 


 


Abstrak:


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji akseptabilitas buku pedoman teori konseling perilaku untuk meningkatkan self-affiliation pada siswa SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research & Development). Buku pedoman yang dibuat ini merupakan instrumen bagi guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe (1975) yang melibatkan 5 orang ahli/praktisi bimbingan konseling (BK) yang terdiri dari 3 orang dosen BK Undiksha dan 2 orang guru bimbingan konseling SMP, untuk menilai validitas isi. . ) buku panduan. Untuk menguji akseptabilitas manual, 10 guru BK digunakan sebagai asesor. Untuk menguji keefektifan, 7 siswa dilibatkan sebagai subjek uji keefektifan panduan yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa buku pedoman teori konseling behavioral dengan teknik sosiodrama memiliki validitas yang baik pada setiap butirnya. Uji keberterimaan manual menunjukkan nilai skala 3,74 yang termasuk dalam kategori B (Baik). Pengujian keefektifan penerapan buku pedoman teori konseling behavioral dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan kemandirian siswa thitung = 6358 dengan tingkat signifikansi < 0,05 dan nilai ES (efektivitas) = ​​2,416 yang termasuk dalam kategori ES tinggi.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Ariandani, N. P. D., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2020). Konseling Behavioral dengan Teknik Sosiodrama Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Self-Succorance. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 16-23.file:///C:/Users/Acer/Downloads/adminbk2,+3+diah%20(2).pdf
Dantes, N.2021. Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Singaraja:BK FIP Undiksha
Dantes, Nyoman. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok:Rajawali Pers
Dharsana, K. (2015). RPBK Seri 1 Bimbingan Klasikal, Bimbingan Kelompok, Konseling individu Untuk Pengembangan Variabel Terikat Self Afiliasi. Singaraja : BK FIP Undiksha Dharsana, I. K. (2014). dasar dasar bk. Profyt Prees.
Dharsana, K. (2016). Teory Konselyng. Jurusan Bimbingan Konseling, FIP UNDIKSHA.
Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87. https://doi.org/10.23887/jibk.v10i2.23281
Prakasiwi, A. E., Suarni, N. K., Gading, K. (2013). Jurnal Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling. 1, (1), hal 100-105.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf