Pengembangan Buku Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa SMP

Main Article Content

Anak Agung Ngurah Anditya Putra
Putu Ari Dharmayanti
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

This research is a Research and Development (R&D) with 4D development procedures (Define, Design, Develop, and Desseminate). This study involved 5 people as research subjects consisting of 3 BK FIP Undiksha lecturers and 2 BK teachers at SMP Negeri 1 Sukasada. The results of the calculation of the CVR (contentvalidity ratio) obtained a result of 25. Furthermore, the calculation of the value of the CVI (Content Validity Index) based on the calculation of the expert assessment obtained a CVI of 1 (Very Appropriate). Furthermore, the effectiveness of this guidebook involves 7 students as subjects. Of the 50 instrument items used to assess content validity (CVI), it was stated that the guidebook based on the theory of Behavioral Counseling With Positive Reinforcement Techniques to Improve Self-Esteem for Junior High School Students had good validity for each item. Testing this hypothesis shows that the Development of Behavior Counseling Guidebooks With Positive Reinforcement Techniques To Improve Self-Esteem in Junior High School Students' Learning with a t-count of 8.690 with a significance level of 0.05 and an ES value = 3.285 which is included in the relatively high ES category. This handbook that has been produced can be used as an instrument for other researchers who will conduct experimental research on self-esteem.


 


Abstrak:


Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang sebagai subyek penelitian yang terdiri dari 3 orang dosen BK FIP Undiksha dan 2 orang guru BK SMP Negeri 1 Sukasada. Hasil perhitungan CVR (contentvalidity ratio) diperoleh hasil sebesar 25. Selanjutnya perhitungan nilai CVI (Content Validity Index) berdasarkan perhitungan expert assessment diperoleh CVI sebesar 1 (Sangat Sesuai). Selanjutnya, efektivitas buku panduan ini melibatkan 7 siswa sebagai mata pelajaran. Dari 50 item instrumen yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan bahwa buku pedoman berdasarkan teori Konseling Perilaku Dengan Teknik Penguatan Positif untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa SMP memiliki validitas yang baik untuk setiap itemnya. Pengujian hipotesis ini menunjukkan bahwa Pengembangan Buku Panduan Konseling Perilaku Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan t-hitung sebesar 8,690 dengan tingkat signifikansi 0,05 dan nilai ES = 3,285 yang termasuk dalam kategori Kategori ES relatif tinggi. Buku pegangan yang telah dihasilkan ini dapat digunakan sebagai instrumen bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian eksperimental tentang harga diri.

Article Details

Section
Articles

References

Dantes. (2017). Desain Eksperimen Dan Analisis Data. In PT Raja Grafindo Persada.
Heppi Sasmita, Neviyarni, Yeni Karneli, dkk. (2021). menaikkan Self Esteem Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Lewat Pendekatan Behavioral Therapy. Journal of Education and Social Analysis, 2(1), 36.

Indayani, A., Sedanayasa, G., Nengah, N., & Antari, M. (2014). Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada Pelajar Kelas X . 1 Sma Negeri 1 Sawan. 1.

Laswhe, H, C. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28, 563–578. https://doi.org/10.3412/jsb.16.926

Naraswari, I., & Dantes, N, Suranata, K. (2020). Evolusi Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk menaikkan Self Esteem Pelajar SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. Indonesian Journal of …, 9(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Evolusi ( Research and Develoment ) ( sofia yustiyani suryandari (ed.); 1st ed.). ALFABETA.

Wulan, S., Yusmansyah, & Andrianto, R. E. (2017). Hubungan Antara Penguatan Positif Oleh Tenaga pengajar Lewat Kreativitas Pembelajaran Pelajar. Alibkin (Jurnal Bimbingan Dan Konseling).