Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Focus Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Self Efficacy

Main Article Content

Nunik Afriyanti
Alfiandy Warih Handoyo
Putri Dian Dia Conia

Abstract

This study aims to assist students in increasing awareness of Self Efficacy with group guidance services using the Focus Group Discussion (FGD) technique at MTs Negeri 1 Serang. This research uses quantitative experimental methods. The total population is 295 students with population characteristics aged 12-15 years in class VII at MTs Negeri 1 Serang in 2021/2022. The sampling technique used was purposive sampling and got 10 students who had low self-efficacy to be given treatment. The analysis technique used in testing the hypothesis is the Wilcoxon signed ranks test. The results of the study seen from the implementation of the pre-test and post-test there was a significant increase from the average value of 66.9% to 94.7%. Analysis of the Wilcoxon Signed Ranks Test in the hypothesis decision-making process, the value of 0.005 is lower than 0.05, it can be concluded that the hypothesis is accepted. Thus Ha is accepted and H0 is rejected. In statistical data, it can be concluded that group guidance with Focus Group Discussion (FGD) techniques can influence in increasing self-efficacy.


Abstrak:


Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kesadaran Self Efficacy dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Focus Group Discusion (FGD) di MTs Negeri 1 Kabupaten Serang.  Penlitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 295 siswa dengan karakteristik populasi berusia 12-15 tahun kelas VII di MTs Negeri 1 Serang tahun 2021/2022. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan mendapatkan 10 siswa yang memiliki Self Efficacy rendah untuk kemudian diberikan treatment. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian dilihat dari pelaksanaan pre-test dan post test adanya peningkatan secara signifikan dari nilai rata-rata sebesar 66,9% menjadi 94,7%. Analisis uji Wilcoxon Signed Ranks Test pada proses pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0,005 lebih rendah dari pada 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan diterima. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Secara data statistik dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik Focus Group Discussion (FGD) dapat mempengaruhi dalam meningkatkan self efficacy.

Article Details

Section
Articles

References

ABKIN. (2013). Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: ABKIN.
Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Pemanfaatan Teknologi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica, 1(2). 210-223.
Amjad, A. (2021). Pengaruh Kegiatan Ektrakulikuler Rohis terhadap perkembangan Sosial Skills Siswa SMK Karya Wiyata Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Anggara, F., Yusuf, A. M., & Marjohan. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling Meningkatkan Efikasi diri Siswa dalam Menghadapi Ujian. Jurnal Konselor. 5(1), 42-50.
Ardianti, I., Fitriana, S., & Suhendri. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Belajar Siswa Kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara. Seminar Nasional BK FIP_UPGRIS, 73-82.
Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 1-15.
Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap motivasi Belajar IPS Murid Kelas II SD Negeri II Bone-Bone Kota Baubau. Jurnal PAUD. 2(2), 134-160.
Bisjoe, A. R. (2016). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion) Belajar Dari Praktik Lapang. Info Teknis Eboni. 14(1), 17-27.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 3(2), 167-178.
Fakhrurrazi. (2019). Karakteristik Anak Usia Murahiqah (Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik). Jurnal Ilmu Pendidikan. 6(1), 574-579.
Hayati, U. H. (2020). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Ungraduate Thesis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 16-18.
Henti. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Buku Seri Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di RT 01 Kelurahan Bumi Ayu Kec. Selebar Kota Bengkulu. Undergraduate Thesis, Insitut Agama islam Negeri Bengkulu, 63.