Pengembangan Perangkat Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Kerja Keras Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
This research was conducted to develop and test the acceptability and effectiveness of classical guidance service tools to increase students' hard work. This research is a type of development research using 4D development procedures (define, design, develop, and disseminate). This research involves 3 experts and 2 practitioners in the field of counseling guidance whose task is to test the acceptability of classical guidance services. Based on expert calculations, CVR (content validity ratio) was obtained, getting 47 results. Furthermore, calculating the CVI (Content Validity Index) value based on expert assessment calculations, a CVI was obtained at 1 in the very good category, thus the classical guidance service tool has met the conditions of acceptance. Furthermore, the effectiveness test of this service device involved 31 students as the experimental class and 32 students as the control class in class VIII MTsN4 Banyuwangi as subjects, using the Pretest-Posttest Control Group Design experimental design. The results of the t-test showed a significant value of 0.000, which means that the use of the classical guidance service tool is effective for increasing the hard work of junior high school students.
Abstrak:
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji akseptabilitas dan efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kerja keras siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (define, design, develop, dan disebarluaskan). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bertugas menguji akseptabilitas layanan bimbingan klasikal. Berdasarkan perhitungan ahli diperoleh CVR (contentvalidity ratio) dengan hasil 47. Selanjutnya perhitungan nilai CVI (Content Validity Index) berdasarkan perhitungan expert assessment diperoleh CVI sebesar 1 dalam kategori sangat baik, dengan demikian alat layanan bimbingan klasikal telah memenuhi syarat diterima. Selanjutnya uji keefektifan perangkat layanan ini melibatkan 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol di kelas VIII MTsN4 Banyuwangi sebagai subjek, dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti penggunaan perangkat layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan kerja keras siswa SMP.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
SEKOLAH. JURNAL DAKWAH, XI(1), 23–41.
Br Bangun, N., & Hasan Saragih, A. (2015). ENGEMBANGAN MEDIA WEB BIMBINGAN KONSELING.
2(1), 99–110.
Depdiknas. (2008). Instrumen Pengawasan Sekolah. DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN
MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2008.
El Hakiem, A. A. F. (2017). MODEL PENINGKATAN POLA KERJA KERAS MELALUI RELIGIOSITY,
MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK (Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang
Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 136. https://doi.org/10.30659/ekobis.18.2.136-148
Fitriani, R., Putri, W. A., Rini, E. F. S., Sehab, N. H., & Pratiwi, M. R. (2021). Pengaruh Kerja Keras
Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).
Zafella Novita Rora1
, I Ketut Gading2
, Putu Ari Dharmayanti
3
16
JBKI is Open Access
Hazmi, F. M. Al. (2020). PENGEMBANGAN KARAKTER KERJA KERAS ANGGOTA DALAM MERAIH
PRESTASI EKSTRAKURIKULER PASKIBRA DI SMA NEGERI 1 SLAWI. Akrab Juara, 5(1), 43–54.
Retrieved from http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
KARIMAH, A. L. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA
KELAS VII PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL 4K.
Kemdikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah
Menengah Pertama .
Laswhe. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28, 563–578.
https://doi.org/10.3412/jsb.16.926
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal
Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
Mirhan, J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan
Hidup. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 115487. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499
Mulyati, S. (2017). Nasihat Utuk Jujur dan Kerja Keras Dalam Puisi Lisan Pantun Melayu Indonesia.
Prosiding Seminar Internasional Sastra Lisan. Retrieved from http://repository.upstegal.ac.id/2960/
Ramil, R., & Dkk. (2017). SUMBER BELAJAR PENUNJANG PLPG 2017 MATA PELAJARAN/PAKET
KEAHLIAN BIMBINGAN DAN KONSELING. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN 2017, 1–20.
Ritonga, S. R. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN
BALOK UNTUK MENINGKATKAN KERJA KERAS SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA
MUHAMMADIYAH 2. 2014.
Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis
Scientific Approach Siswa Sma Kelas X Pada Materi Fungi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi),
7(1), 41–48. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.489
Senja, V. U., & Purwoko, B. (n.d.). PENGEMBANGAN PERANGKAT BIMBINGAN KLASIKAL
BIDANG PRIBADI & SOSIAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ) PADA
SISWA KELAS VIII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 734–749.
Sugianto, A. (2017). Teknik permainan balogo dalam layanan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan karakter kerja keras pada siswa SMP. Bimbingan Dan Konseling, 20–28. Retrieved from
http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446/763
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A
sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wardani, D. L., Pusari, R. W., & Wakhyudin, H. (2019). Ekstrakurikuler Taekwondo Dalam
Mengembangkan Karakter Kerja Keras. Journal of Education Technology, 3(3), 167.
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21741
Winandika, G., & Aziza, A. N. (2017). Upaya Meningkatkan Kerja Keras dan Prestasi Belajar IPA
Siswa Kelas IV pada Materi Gaya Menggunakan Metode Eksperimen. Jurnal Pancar, 1(2), 21–30.