Pengembangan Media Video Pembelajaran Dalam Stimulasi Kemampuan Tarian Modern Untuk Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
This study aims to develop modern dance video media to help stimulate children's abilities. In this study, it uses the ADDIE development model, which includes several stages, namely Analysis, design, development, implementation, evaluation. However, at the Implementation stage, it was not implemented due to the conditions of the COVID-19 pandemic which did not allow to conduct trials on students. The instrument used to measure the acceptance of modern dance video media is in the form of an assessment questionnaire assessed by two media experts. The data obtained were then analyzed using qualitative and quantitative data analysis. Based on the results of the study, the following results were obtained, 1) the results of the test of acceptance of modern dance video media cvr value is 1.00 and CVI is 1.00 so that the development of modern dance video media has a very high level of media acceptance with very high qualifications. Based on these results, it can be concluded that the development of learning video media in the stimulation of modern dance skills for kindergarten children can be accepted to be implemented in learning.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tarian modern untuk membantu stimulasi kemampuan anak. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi beberapa tahap yaitu Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Namun, pada tahap Implementasi, tidak dilaksanakan karena kondisi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melakukan uji coba kepada peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberterimaan media video tarian modern yaitu berupa angket penilaian yang dinilai oleh dua ahli media. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut, 1) hasil uji keberterimaan media video tarian modern nilai CVR adalah 1,00 dan CVI adalah 1,00 sehingga pengembangan media video tarian modern memiliki tingkat keberterimaan media dengan kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran dalam stimulasi kemampuan tarian modern untuk anak TK dapat diterima untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Antara, P.A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak Development of Children ’ S Artistic Talent. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10 (1), 29–34.
Antara, P.A. (2017). Menelisik Fenomena Kelas Kreatif Pada Taman Kanak-kanak diBali.726–731. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1009/735
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Atmadibrata, Enoch. 1986“Drama Tari sebagai Satu Bentuk Karya Seni”, dalam Pengetahuan Elemen Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian.
Candiasa, I.M. 2011. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model”. Islamic Education Journal, Volume 3, Nomor 1.
Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2, Nomor 1.
Dewi, Dian. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Dewi, dkk. (2014). Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini Di Sanggar Sekar Panggung Metro Mall Bandung.
Fithri, R dan Rensia. 2017. “Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Cemara Indah Kota Pekanbaru”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1, Nomor 1.
Fitria, Ayu. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Haryati, Sri. 2012. “Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan”. Volume 37, Nomor 1, (Halaman 11-26). Terdapat pada http://jurnal.utm.ac.id/index.php/MID/article/view/13 (diakses tanggal 30 Januari 2021) Pembelajaran Anak Usia Dini”. Cakrawala Dini, Volume 5, Nomor 2.
Fitria, Ayu. 2014. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI”. Cakrawala Dini, Volume 5, Nomor 2.
Fitri Chintia Dewi. Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini Di Sanggar Sekar Panggung
Metro Mall Bandung. Jurnal Seni Tari. ( Yogyakarta : Fakultas Seni dan Bahasa UPI, 2010). Hlm 5. Diambil dari : http ://jurnalmasiswa .upi.ac.id/index. php/paudteratai / article/view/939
Hanjar, dkk. 2020. “Media Edukasi Siswa Usia Dini Di Masa Pandemi”. Jurnal Abdimas, Volume 2, Nomor 1.
Haryati, Sri. 2012. “Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan”. Volume 37, Nomor 1, (Halaman 11-26). Terdapat pada http://jurnal.utm.ac.id/index.php/MID/article/view/13 (diakses tanggal 30 Januari 2021).
Hidayat, Robby. 2006.“Seni Tari (Pengetahuan Teori dan Praktek Seni Tari Bagi Guru). Malang: Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Hurlock, B. Elizabeth. 1991Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
John Martin. 1989.The Modern Dance. New York: Princeton Book Company,
Kussudiarjo, Bagong. 1981.Tentang Tari. Yogyakarta: Nur Cahya
Lanang, dkk. 2014. “Pengembangan Media Video Pembelajaran
Lanang, dkk. 2014. “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 1 SELAT”. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2, Nomor 1.
Margareth, H’Doubler. 1970. Education Through Dance”. The Dance Experince Readings in Dance Apreciation. Ed Myron Howard Nadel and Constance Gwen Nadel. New York, Washington, London: Preacer Publishers
Martin, John. 1989.The Modern Dance. New York: Princeton Book Company
Nasuttion, Sangkot. 2017.”VARIABEL PENELITIAN”. Jurnal RAUDHAH. Volume 05. Nomor 02.
Paramita, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–15.
Ridha, Nikmatur. 2017. “PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL, DAN PARADIGMA PENELITIAN”. Jurnal Hikmah. Volume 14, Nomor 1
Rohani. 2019. “DIKLAT MEDIA PEMBELAJARAN”. Diakses pada http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309999/pengabdian/media- pembelajaran.pdf (diakses 30 Januari 2021)
Rusydi, dkk. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing
Santoso, Ahmad. 2011. Pengembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Tegeh, dkk. 2015. “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie”. Terdapat pada https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/3 52 (diakses tanggal 30 Januari 2021)
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.