Media Visualisasi Auditori Kinestetik (Vak) Terpadu Untuk Stimulasi Keaksaraan Awal Anak

Main Article Content

Nunuk Trisukma Aceh
Putu Aditya Antara
Dewa Gede Firstia Wirabrata

Abstract

This study aims to develsop an Integrated Kinesthetic Auditory Visualization (VAK) media for early literacy stimulation of children in Kamila Kindergarten, Kajanan Village, Buleleng District. In this study, the MDLC (Multimedia Development Life Circle) model is used. The subjects in this study used two media experts. The data collection in this study used a questionnaire method which was then analyzed using data analysis, namely quantitative data and qualitative data. The Integrated Kinesthetic Auditory Visualization Media (VAK) was declared valid with very good qualifications from the experts with the percentage of learning media expert validity results obtained a score of 95%. From these results, it can be concluded that the development of Integrated Kinesthetic Auditory Visualization (VAK) media for early literacy stimulation of children in Kamila Kindergarten has very high validity so that Integrated Kinesthetic Auditory Visualization (VAK) media for early literacy stimulation of children in Kamila Kindergarten is feasible to use.


 


Abstrak:


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu untuk stimulasi keaksaraan awal anak di TK Kamila, Kampung Kajanan Kecamatan Buleleng. Dalam penelitian ini menggunkan Model MDLC (Multimedia Development Life Circle).  Subjek dalam penelitian ini menggunakan dua orang ahli media. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode angket yang kemudian dianalisis menggunkan analisis data yaitu data kuantitatif dan data kualitataif.  Media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli dengan persentase hasil validitas ahli media pembelajaran diperoleh skor 95%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu untuk stimulasi keaksaraan awal anak di TK Kamila mendapatkan validitas sangat tinggi sehingga media Visualisasi Auditori Kinestetik (VAK) Terpadu untuk stimulasi keaksaraan awal anak di TK Kamila layak digunakan.

Article Details

Section
Articles

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Antara, P.A., & Aryaprastya, I. G. . (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran (Penelitian Tindakan Kelas Di Taman Kanak-Kanak Labschool Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali Tahun 2011). In Pedagogik-Pendas (Vol. 2, pp. 245–256). http://jurnal.upi.edu/index.php/download/pdf/1911/PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-kanak Labschool Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Tahun 2011)
Antara, P. A., Udayani, N. W. M., Suryani, G. A. T. A., PS, K. M. K. A., & Lestari, N. W. (2022). Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2896–2909. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1623
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. La. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Astuti Santi (2016), Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Aba Pendowo.Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Bermain, M., Huruf, K., Tk, D. I., & Kawedanan, P. S. M. (2016). Jurnal CARE Volume 03 Nomor 2 Januari 2016 PG PAUD IKIP PGRI MADIUN 34. 03, 34–50.
Borman, R. I., & Erma, I. (2018). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (Vak). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 8–16. https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
Liwis, N., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 116–126.
Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967
Purnamasari, B. N., & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.
Pratama, I. W. A., Mahadewi, L. P. P., & Suartama, I. K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model VAK Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Di SDN 2 Banjar Bali. Jurnal EDUTECH, 5(1), 132–141. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20635
Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 1. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.31894
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139
Simbolon, F. A., Guntur, S., Erwin, P., & Sihotang, H. T. (2018). Pembuatan Aplikasi Pengenalan Suara Dan Objek Hewan Sebagai Media Pengenalan Bagi Anak Usia Dini Dengan Metode Computer Based Instruction (CBI). Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 23–31. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/283/180
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 298–308. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352
Suryantini, N. W. N., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3).
Vitianingsih, A. V. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220
Yusrina, S. H. (2021). Sabilla Hanifa Yusrina, 2021 Analisis Empat Aplikasi Game Edukasi untuk Mengenalkan Keaksaraal Awal pada Anak Usia 4-6 Tahun Universitas Pendidikan Indonesia l repository.upi.edu l perpustakaan.upi.edu.