Penerapan Lesson Study dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris MPK
Main Article Content
Abstract
Lesson study is a model of professional development of educators through collaborative and sustainable learning assessments based on the principles of collegiality and mutual assistance which will be applied to MPK English course. This study aimed to determine the implementation of lesson study in MPK English course with 3 stages, namely plan (Planning), do/see (implementation), and reflection (reflection). All data were collected by using observation sheet, recording of the learning process, and observers’ notes. The data in this study were qualitative data that obtained through the observation sheet, recording of the learning process, and observers’ notes. The results of the study showed that the implementation of lesson study with the stages of plan, do/see, and reflection run very well in the MPK English course. The learning objectives had been achieved and was proofed by the students' ability to understand the material, give examples, look for sentence patterns, do exercises, and conclude the material that was explained by the lecturer.
Abstrak:
Lesson study adalah model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan saling membantu yang akan diterapkan pada mata kuliah bahasa Inggris MPK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tahapan Plan (Perencanaan) , Do/ See (pelaksanaan), dan Reflection (refleksi) dalam kegiatan lesson study pada mata kuliah bahasa Inggris MPK. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, rekaman proses pembelajaran dan catatan peneliti. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang didapat melalui catatan harian peneliti dan tanggapan observer mengenai proses pembelajaran tersebut. Data kualitatif juga mencakup kendala-kendala yang dijumpai dalam perkuliahan berdasarkan rancangan pembelajaran yang telah disusun. Data mengenai proses pembelajaran, dan kendala-kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjjukan bahwa penerapan lesson study dengan tahapan plan, do/see, dan reflection berlangsung dengan sangat baik dalam mata kuliah Bahasa Inggris MPK. Tujuan pembelajaran telah tercapai dan hal ini dibuktikan dengan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi yang sedang mereka pelajari. Mahasiswa mampu memberikan contoh, memcari pola kalimat, mengerjakan latihan, dan menyimpulkan materi dengan baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Study Project. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm.
Fadloli, A. 2019. Tahapan Kegiatan Lesson Study. Diunduh tanggal 10 Maret 2022 pada https://gusndol.com/2019/08/22/tahapan-kegiatan-lesson-study/
Fernandez, C., Yoshida, M., Chokshi, S., & Cannon, Ja. 2001. An Overview of Lesson Study Lesson. Study Research Group (LSRG). Diunduh tanggal 14 maret 2022 pada https://valerievacchio.files.wordpress.com.
Juano, A., Ntelok, Zepphianus R.E., & Jeduit, M. 2019. Lesson Study Sebagai Inovasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesia: Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. RANDANG TANA Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 2, Nomor 2, Juli 2019: 89-178. Diunduh tanggal 13 Maret 2022 pada https://unikastpaulus.ac.id.
Lestari, R., & Afifah, N. 2018. Penerapan Lesson Study Untuk meningkatkan Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas pasir Pengaraian. Jurnal Indonesian Biology Teachers, 1 (1), 37-41, Januari 2018. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada https://media.neliti.com/media/publications/230849-penerapan-lesson-study-untuk-meningkatka-d3b10f03.pdf.
Lewis, C. 2002. Does Lesson Study Have a Future in the United States? Nagoya Journal of education and Human Development, January 2002, No. 1, pp.1-23. Diunduh tanggal 12 Maret 2022 pada https://www.researchgate.net/publication/228603233_Does_Lesson_Study_Have_a_Future_in_the_United_States.
Lewis, C., Perry, R., & Hurd, J. 2004. A Deeper Look at Lesson Study. Educational Leardership. Vol 61, no 5, p18, February 2004. Diunduh tanggal 7 Setember 2022 pada https://eric.ed.gov/?id=EJ716717.
Mahmudi, A. 2006. Lesson Study. Diunduh tanggal 10 Maret 2022 pada http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/pengabdian/Lesson+Study+MGMP+Jetis+2006_1.pdf.
Marguna, I.G., Riastini, P. N., Sumantri, I. M.,& Jayanti,L.S.S.W. 2021. Pendampingan Lesson Study dimasa Pandemi Covid 19 di SD Widiatmika. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/277.pdf.
Melati, A.H., Junanto, T., & Lestari, I. 2014. Leson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran English For Chemistry I. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada https://media.neliti.com/media/publications/170893-ID-lesson-study-untuk-meningkatkan-kualitas.pdf.
Murtisal, E., Nurmaliah, C., & Safrida. 2016. Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik, Vol 4, no 1, April 2016: 81-94. Diunduh tanggal 13 September 2022 pada https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/1074.
Nugroho, I. 2013. Menjadi Dosen Profesional. Universitas Widyagama Malang. Diunduh tanggal 8 Maret 2022 pada https://widyagama.ac.id/iwan-nugroho/wp-content/uploads/2013/03/MENJADI-DOSEN-PROFESIONAL.pdf.
Prayekti., & Rasyimah. 2012. Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol 18, no 1, Maret 2012. Diunduh tanggal 12 Maret 2022 padahttps://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/69/66
Rosita, B., & Hariyati, N. 2021. Pelaksanaan Lesson Study Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajarn Dalam Perspektif Peer Supervision. Surabaya: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inspirasi Manajeman Pendidikan, Vol. 09, no. 03, tahun 2021: 673-688. Diunduh tanggal 13 Maret 2022 pada https://ejournal.unesa.ac.id.
Sari, E. M., & Putri, R. I.I. 2018. Developmen of worksheets Based Project Using The Lesson Study. Infinity (Journal of Mathematic Education), Vol 10, no 1, Pebruari 2021: 41-52. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada https://doi.org/10.22460/infinity.v10i1.p41-52.
Sevima, M. S. 2021. Pengertian, Tugas, dan Fungsi Dosen Menurut Undang-Undang. Diunduh tanggal 7 Maret 2022 pada https://sevima.com/pengertian-tugas-dan-fungsi-dosen-menurut-undang-undang.
Sriyanto, J. 2007. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study.Universitas Negeri Yogyakarta. JPTK, Vol 16, no. 1, Mei 2007. Diunduh tanggal 24 Februari 2022 pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/9316/7581.
Sucilestari, R., & Arizona, K. 2019. Kelas Inspirasi Berbasis Media Real Melalui Pendekatan Lesson Study. Indonesia: Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 15 no 1, Juni 2019: 23-34. Diunduh tanggal 12 Maret 2022 pada https://journal.uinmataram.ac.id.
Sulistiawan, D. 2011. Lesson Study Bukan Metode Pembelajaran. Universitas Negeri Semarang. Diunduh pada tanggal 24 Perbruari 2022 pada https://unnes.ac.id/berita/lesson-study-bukan-metode-pembelajaran.html.
Sumarni, Sri., Adisucipto, Lilo Taufiq., & Saputro, Ida Nugroho. 2013. Peningkatan Kualitas Belajar dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Teknik Gempa. JIPTEK, Vol. VI no. 2, Juli 2013. Diunduh tanggal 10 Maret 2022 pada https://gusndol.com/2019/08/22/tahapan-kegiatan-lesson-study/.
Supranoto, H. 2015. Penerapan Lesson Study dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru SMA Bina Mulya Gadingrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol 3 no 2, Tahun 2015: 21-28. Diunduh tanggal 13 September 2022 pada https://ojs.fkip.ummetro.ac.id.
Sutarno, M. 2009. Hakikat Lesson Study. Diunduh tanggal 12 Maret 2022 pada https://fisika21.wordpress.com/2009/12/11/hakikat-lesson-study/.
Sutowijoyo. 2016. Studi Penerapan Lesson Study Dalam Peningkatan Efektivitas Praktek Pembelajaran Di MTs Negeri Prigen. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 10, no.4, Oktober-Desember 2016. Diunduh tanggal 24 Pebruari 2022 pada https://bdksurabaya.e-journal.id.
Werdiningsih, H., & Sari, R. S. 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Metoda Pembelajaran Yang Terintegrasi (Integrated Lesson Learned) dari Mata Kuliah yang Serumpun. Indonesia: Universitas Diponegoro Semarang. Modul, vol 16, no 1, Tahun 2016. Diunduh tanggal 13 Maret 2022 pada https://media.neliti.com/media/publications/269314-peningkatan-kualitas-pembelajaran-melalu-41c5a99f.pdf.