Hubungan Antara Hasil Pendidikan Karakter dengan Kedisiplinan Siswa SMA Takhassus Al Qur'an Wonosobo

Main Article Content

Amilatus Shodiqoh
Anwar Sutoyo

Abstract

Permasalahan kedisiplinan merupakan hal yang patut untuk diperhatikan, karena perilaku disiplin dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diketahui pada studi awal yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa tingkat kedisiplinan siswa di SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah lain. SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo merupakan sekolah yang berbasis pondok pesantren. Pada penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Ferdinandus Etuasius Dole (2021) mengenai Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar dihasilkan bahwa, pengaruh pendidikan karakter berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik.  Hal ini menarik peneliti untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara hasil pendidikan karakter dengan kedisiplinan siswa di SMA Takhassus Al Qur’an Wonosobo. Pendekatan dan desain penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sejumlah 270. Intrumen yang digunakan yaitu skala hasil pendidikan karakter dan skala kedisiplinan. Analisis data pada uji hipotesis adalah uji korelasional Product Moment Pearson. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa antara hasil pendidikan pendidikan karakter dengan kedisiplinan memiliki hubungan yang positif, dengan derajat korelasi yang sempurna. Artinya semakin tinggi hasil pendidikan karakter maka semakin tinggi pula kedisiplinan, dan begitu sebaliknya.

Article Details

Section
Articles